Flagig 2013 In Review: 10 Pendatang Baru Terpanas Dunia Musik

Posted by
December 31, 2013

PicCollage

2013 menjadi tahun yang bersahabat bagi para pendatang baru di dunia musik. Tidak sekedar menjadi sorotan, para pendatang baru yang meramaikan dunia musik ini, bahkan juga berhasil mencapai posisi teratas di berbagai jajaran tangga lagu dan album dunia. Berikut ini adalah beberapa nama pendatang baru yang layak disebut sebagai musisi terpanas di tahun 2013 pilihan dari Flagig.

1. Imagine Dragons

imagine-dragon-cover-650

Group pembawa gelombang baru kebangkitan musik Rock pada penggemar mainstream ini, telah melalui tahun yang indah pada 2013. Album “Night Visions” berhasil menjadi blockbuster, dan penjualannya masih terus bertahan selama lebih dari 1 tahun. Lagu “Radioactive” dan “Demons” berhasil masuk ke top 10 Billboard Hot 100. “It’s Time” dan “On Top of The World” juga menjadi hit di seluruh dunia. Imagine Dragons menutup tahun 2013 dengan menjadi nominator penghargaan paling bergengsi di Grammy Awards, “Record of The Year.”

2. Macklemore & Ryan Lewis

Macklemore_and_Ryan_Lewis

Duo Hip/Hop ini berhasil membuktikan bahwa musisi independen juga mampu mendobrak panggung mainstream. Album “The Heist” menjadi salah satu album terlaris di tahun 2013. Single “Thrift Shop,” “Can’t Hold Us,” dan “Same Love” menjadi lagu yang mendominasi radio dan juga playlist manusia di seluruh dunia pada tahun 2013. 3 nominasi bergengsi Grammy Awards, yaitu Song of The Year, Album of The Year, dan Best New Artist juga berhasil diraih oleh Macklemore & Ryan Lewis.

3. Lorde

lorde-bigshot-626x386

Penyanyi eksentrik asal New Zealand ini, sukses mencuri perhatian kritikus dan penggemar musik. Single “Royals” menjadi Ratu di Billbord Hot 100 selama berminggu-minggu, dan menjadi salah satu lagu tersukses di seluruh dunia pada tahun 2013. Nominasi Grammy untuk Record dan Song of The Year berhasil Ia raih. Impian untuk mewujudkan fantasi yang Lorde inginkan dalam lirik lagu “Royals” tampaknya berhasil terwujud.

4. Ariana Grande

ariana-grande-press-650-430

“Yours Truly,” album perdana Ariana Grande, berhasil menempati posisi pertama Billboard 200. Nominasi MTV VMA dan American Music Awards juga melengkapi prestasinya pada tahun 2013. Single “The Way” meraih popularitas di seluruh dunia, bahkan menembus 10 besar Billboard Hot 100. Berbagai prestasi yang sudah diraih Ariana pada 2013 merupakan permulaan dari karirnya yang dijamin akan semakin melesat pada tahun 2014.

5. Bastille

Bastille1

“Pompeii” membuka jalan bagi kesuksesan Bastille menuju dominasi dunia. Lagu yang pernah mencapai peringkat kedua di UK Official Charts ini, masih merangkak naik di berbagai tangga-tangga lagu dunia. Album “Bad Blood” juga banyak memperoleh pujian dari kritikus musik di seluruh dunia. Tidak hanya mendapatkan review yang positif, ”Bad Blood” juga menjadi salah satu album terlaris pada tahun 2013 di Inggris.

6. HAIM

haim-2013-650-430a

Trio pengusung Rock asal California ini, melejit berkat album “Days Are Gone.” Tampil di festival musik Glastonbury dan program televisi “Saturday Night Live” adalah bagian dari highlights kesuksesan HAIM di tahun 2013. “The Wire,” “Falling,” “Forever” dan “Don’t Save Me” adalah 4 lagu yang menjadi hit dari album perdana mereka. Meskipun sudah meraih prestasi yang besar selama tahun 2013, kita masih akan mendengar banyak kesuksesan lain dari band yang terdiri dari Este, Danielle dan Alana Haim ini.

7. Kacey Musgraves

2013 CMT Music Awards - Wonderwall Portrait Studio

Disebut-sebut sebagai penyanyi muda yang menyelamatkan musik Country. Di tengah maraknya genre Bro Country yang banyak menampilkan lirik mengenai minuman keras, wanita seksi, dan mobil truk, Kacey Musgraves justru melejit dengan gaya Country tradisional yang menonjolkan gaya storytelling. Selain berhasil mendapatkan nominasi Best New Artist untuk Grammy 2014, album “Same Trailer Different Park” juga masuk ke dalam jajaran album terbaik pilihan para kritikus musik. Akankah Kacey Musgraves menjadi the next Taylor Swift yang mendobrak panggung musik pop melalui musik Country?

8. Austin Mahone

Austin Mahone

Meskipun belum merilis album perdana, nama Austin Mahone sudah menggema di seluruh dunia. Legiun penggemarnya yang menamai diri sebagai Mahomies sudah terdiri dari jutaan remaja wanita. Single “What About Love” berhasil membawa Austin Mahone ke jajaran bintang pop remaja yang diperhatikan oleh dunia pada tahun 2013. Dikontak oleh lable rekaman Cash Money milik Lil’ Wayne dan meraih penghargaan MTV VMA juga EMA adalah sebagian prestasinya selama 2013. Bersiaplah untuk menanti fenomena musik pop terbaru di tahun 2014, saat album perdana Austin Mahone dirilis nanti.

9. John Newman

john-newman-600x450

Namanya pertama kali muncul ke permukaan setelah menjadi featured artist dalam lagu “Feel The Love” dan “Not Giving In” dari Rudimental. Tetapi, gebrakan John Newman justru terjadi saat Ia merilis single perdananya “Love Me Again.” Lagu ini berhasil menjadi No.1 di UK Official Charts dan secara instan menjadi hit di berbagai negara Eropa. “Cheating” dan “Losing Sleep” menjadi hits lanjutan dari album perdana yang diberi judul “Tribute.” Dengan lagu “Love Me Again” yang baru memulai geliatnya di Amerika dan negara-negara di luar Eropa, nampaknya John Newman akan semakin populer di tahun 2014 nanti.

10. Zedd

zedd

Musisi bernama asli Anton Zaslavski ini menjadi salah satu DJ terpopuler di tahun 2013 berkat lagu dan album “Clarity.” Meskipun dirilis pada tahun 2012, tetapi “Clarity” baru mulai menunjukkan dampaknya di tahun 2013. Lagu ini menjadi playlist wajib di berbagai club dan juga radio di seluruh dunia, bahkan menjadi salah satu lagu yang ditampilkan dalam serial “Glee.” Album “Clarity” dirilis kembali dengan lagu bonus berjudul “Stay The Night” yang menampilkan Hayley Williams dari Paramore. Dalam waktu cepat, “Stay The Night” kembali menjadi salah satu hit besar Zedd di tahun 2013.

Pendatang baru keren lainnya:
Kendrick Lamar
James Blake
The 1975
Disclosure
Icona Pop
Florida Georgia Line

Comments and 9,425 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply