“Sully,” Kisah Nyata Pilot Legendaris yang Menyelamatkan 155 Penumpang │ Movie Review

September 8, 2016

sullyposter

Menjadi seorang pilot bukanlah pekerjaan yang mudah. menerbangkan sebuah pesawat terbang atau yang lebih dikenal dengan julukan burung besi ini membutuhkan banyak tanggung jawab,terlebih nyawa para penumpang ada di tangannya. Namun bagaimana apabila terjadi bencana ,sang pilot mengambil keputusan yang cukup krusial demi keselamatan para penumpangnya?

Sukses mengarahkan Bradley Cooper dalam “American Sniper”, kini Clint Eastwood kembali menyutradarai sebuah film yang merupakan kisah nyata seorang pilot bernama Chesley “Sully” Sullenberger yang melakukan sebuah hal yang belum pernah ada di dalam sejarah penerbangan Amerika yang dikenal dengan “Miracle on The Hudson”, “Sully” yang diadaptasi dari buku “Highest Duty: My Search for What Really Matters.” yang ditulisnya sendiri bersama Jeffrey Zaslow dan dibintangi oleh Tom Hanks,Aaron Eckhart,Laura Linney,Mike O’Malley,Holt McCallany,Jane Gabbert,Ann Cusack,Molly Hagan dan Valerie Mahaffey. Film ini hampir seluruhnya dishot menggunakan kamera baru ALEXA IMAX® 65mm dan sudah melangsungkan World Premierenya dalam 43rd Annual Telluride Film Festival pada 2 September 2016.

sully_still

Film “Sully,” mengangkat kisah nyata seorang kapten Chesley “Sully” Sullenberger yang legendaries yang diperankan oleh Tom Hanks telah sukses menciptakan suasana kejadian saat itu senyata mungkin. Kamis, 15 Januari 2009. Pesawat US Airways 1549 tujuan Charlotte,North Carolina berangkat dari LaGuardia Airport. Pesawat ini membawa total 155 penumpang termasuk awak kabin Capt.Chesley “Sully” Sullenberger dan First Officer Jeff Skiles beserta 3 pramugari bernama Sheila Dail,Donna Dent dan Doreen Walsh. 3 menit setelah lepas landas, sebuah masalah besar menimpa pesawat tersebut. Pesawat US Airways dengan nomor penerbangan 1549 yang dibawa Sully tiba-tiba mengalami kerusakan mesin akibat bertabrakan dengan kawanan burung. Sully harus membuat keputusan untuk mendaratkan secara darurat pesawatnya di atas sungai Hudson.

Meski ia berhasil menyelamatkan 155 nyawa penumpangnya, Sully yang awalnya dijadikan pahlawan nasional itu mendadak harus berhadapan dengan proses investigasi National Transportation Safety Board atau NTSB yang menilainya telah salah mengambil keputusan. Ia pun menghadapi tuntutannya.Sebagai film biografi, Sully sama sekali tidak membosankan. Alur yang lambat justru membuat orang awam memiliki waktu memahami segala bentuk informasi yang dirincikan dalam film.

tom-hanks-sully-movie

Film “Sully” memberi banyak pengetahuan pada penontonnya tentang bagaimana sebuah proses investigasi insiden atau kecelakaan pesawat terbang berjalan. Tak hanya itu, film ini juga menggambarkan bagaimana pilot harus bisa mengambil keputusan yang terbaik di waktu yang tepat, demi keselamatan penumpangnya.

thumbnail_24608

Film-film Clint Eastwood dikenal memiliki pacing yang lambat. Begitupula dengan Sully. Eastwood perlahan mengenalkan situasi kepada penonton hingga konflik yang menjadi perhatian. Tom Hanks kembali menampilkan performa gemilangnya sebagai Capt.Chesley Sullenberger. Penonton akan melupakan sosok Tom dan mungkin melihat itu adalah Capt.Sully yang sebenarnya. Ia mampu memperlihatkan kegelisahannya dalam masalah, namun berhasil memperlihatkan ketenangan dan sikap naturalnya saat pendaratan telah terjadi. Sebagai co-cast, Aaron Eckhart sebagai Jeff Skiles turut mengimbangi peran Tom. Drama yang divisualisasikan dari skenario yang ditulis oleh Todd Komarnicki cukup memainkan emosi penonton terutama konflik yang dihadapi Sully.

1408319_630x354

Karena dishot menggunakan kamera ALEXA IMAX® 65mm, maka scene pendaratannya pun dikemas dengan sangat dramatis dan mendebarkan. Ratio layar IMAX dengan skala 1:9:1 yang merupakan extended aspect ratio makin membawa penonton untuk merasakan ada di dalam pesawat yang dikemudikan Capt.Sully. Jika harus bicara peluang nominee Academy Awards tentu sangat besar kemungkinannya, terutama akting Tom Hanks yang mencuri hati penonton sebagai Sully. Kami sangat merekomendasikan film ini wajib disaksikan dalam format IMAX. Jangan lewatkan during-credit scene yang menampilkan sang pahalwan yang kembali dipertemukan dengan 155 penumpang pesawat US Airways 1549. Untuk Flagers yang penasaran, langsung saja nonton film “Sully” di bioskop-bioskop kesayangan kalian ya!

Comments and 1,787 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply