David Choe: Talented Painter, Genius Artist, Own Facebook Stocks, a Lucky Bastard

Posted by
February 2, 2012

Dibalik kejayaan Facebook ada banyak orang yang menjadi kaya. Beberapa dari mereka adalah drop out universitas, salah satunya adalah seniman David Choe yang nampaknya akan semakin banyak kekayaannya.

Melalui film The Social Network, kita jadi familiar (berasa kenal dan tau) dengan para founders Facebook dan beberapa orang yang menjadi pemilik perusahaan ini. Nah dengan terbukanya Facebook melalui IPO mereka mungkin akan makin kaya. Film ini tidak menyinggung satu orang ini, walau karyanya terekam yang mungkin tidak kita sadari.

U all need to know him -> David Choe

Siapa dia? Choe adalah pelukis mural, graffiti, musisi, dan grafik novelis Amerika keturunan Korea. Dia yang mendesign cover album Linkin Park & Jay Z, Collision Course. Dia juga membuat set untuk film Juno, Glass House. Jasanya dipakai banyak brand top dunia dan media. Dan dia adalah salah satu pemilik saham Facebook. Gimana ceritanya tuh?

Tahun 2005, Sean Parker si pendiri Napster itu meminta jasa Choe untuk mengecat kantor Facebook di Silicon Valley dengan lukisan mural karyanya. Sean Parker nawarin kepada David Choe, mau dibayar dengan uang (yaitu ribuan dollar) atau saham Facebook yang saat itu nilainya masih segitu. David Choe memilih dengan tepat, padahal saat itu dia menganggap Facebook itu “ridiculous and pointless” loh tapi insting bisnisnya mungkin tetap sebanding dengan insting seninya yang jago.

David Choe ngelukis mural apa sih di kantor Facebook? An erotic mural… hah? Iya Sean Parker yang nyentrik itu minta muralnya bergambar cock (kalian tau ini apa dalam bahasa Indonesia kan?).

Bagian Facebook yang dikuasai oleh Choe hanya 0,1 – 0,25% dan ini bukan angka yang kecil untuk bagian dari perusahaan sebesar Facebook. Dengan IPO kepemilikannya ditaksir sekitar $ 100 miliar! Mungkin lebih! Wahh banyak banget itu angka enol’nya.. Damn! What a lucky bastard.

Sumber : The New York Times , www.davidchoe.com

Tags:
Comments and 2,716 views

chasio

hardly trying to write again

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply