Berbagai Pencapaian Mozilla di Tahun 2013

Posted by
December 22, 2013

mozilla_foundation_logo

2013 menjadi tahun yang penuh dengan keberhasilan bagi Mozilla. Selain merayakan ulang tahun yang ke-15, berbagai pencapaian juga telah diraih oleh Mozilla. Selama 15 tahun, Mozilla telah menjadikan Web yang lebih baik melalui inovasi dan menjaganya sebagai tempat yang terbuka, juga dapat diakses oleh semua orang.

Pada tahun 2013, Mozilla telah meluncurkan Firefox OS, open Web device pertama yang sepenuhnya berdasarkan teknologi Web. Mozilla meluncurkan 3 device di 14 negara dengan 4 partner operator. Hardware partner yang bekerjasama dengan Mozilla dalam memproduksi device Firefox OS adalah ZTE, Alcatel, dan LG. Sedangkan partner operatornya adalah Telefonica, Deutsche Telekom, Telenor dan Telecom Italia Mobile.

Mozilla juga terus berusaha untuk membuat Firefox lebih cepat, aman, dan menyenangkan, sementara memperkenalkan teknologi yang menggerakkan Web Forward sebagai platform. Aplikasi Firefox untuk Android juga dikenal dengan kecepatannya. Ulasan dari para pengguna berhasil mencapai angka rata-rata 4,5 bintang, dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

Tidak hanya sekedar menghasilkan produk yang membuat Web lebih baik, Mozilla juga merupakan organisasi yang secara fundamental mengenai manusia. Mozilla berharap agar semua orang di seluruh dunia dapat menjadikan pengalaman menggunakan Firefox sebagai pengalaman pribadi mereka. Dedikasinya dalam menawarkan privasi dan transparansi bagi pengguna, telah membuat Mozilla diberikan gelar sebagai “Most Trusted Internet Company for Privacy” oleh Ponemon institute. Mozilla juga telah meluncurkan Lightbeam pada bulan Oktober 2013 sebagai alat untuk memvisualisasikan tracking di Web bagi pengguna. Lightbeam telah diunduh lebih dari 1 juta kali semenjak peluncurannya.

Kegiatan Mozilla Summit juga telah terselenggara pada tahun 2013. Sebanyak 2,800 Mozillians dari 90 negara berkumpul di 3 lokasi selama 3 hari untuk kegiatan Mozilla Summit ini. Program Mozilla Reps juga semakin kuat dengan lebih dari 370 Reps resmi Mozilla yang terus mensosialisasikan Mozilla dan Firefox di komunitas mereka masing-masing. Program Firefox Student Ambassadors juga memiliki lebih dari 8,000 perwakilan mahasiswa. Saat ini, komunitas Mozillians telah tersebar di lebih dari 109 negara di seluruh dunia.

Webmaker.org menjadi wadah aktivitas kreatif yang menarik ribuan orang setiap hari untuk melatih dan belajar kemampuan Web. Mozilla memiliki komunitas global yang membantu dalam pengembangan peralatan dan kurikulum. Maker Party juga telah sukses dilaksanakan dengan lebih dari 1,600 Maker Parties di 55 negara dan 330 kota di seluruh dunia.

Begitu besar pencapaian Mozilla selama tahun 2013, sehingga tidak dapat diungkapkan satu per satu. Keberhasilan ini tentunya akan membawa Mozilla menuju berbagai rencana besar untuk menjadikan 2014 sebagai tahun yang lebih baik bagi Web. Kini, pencapaian Mozilla selama tahun 2013 telah dirangkum dalam bentuk infografik yang sangat informatif. “With Mozilla, let’s make 2014 a better year for the web!”

mozilla_eoy_2013

Sumber: https://blog.mozilla.org/blog/2013/12/16/mozilla-in-2013/

Comments and 1,496 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply