Selamat Ulang Tahun ke-25 World Wide Web

Posted by
March 12, 2014

www

Selamat Ulang Tahun ke-25 World Wide Web!

Hari ini menandai ulang tahun ke-25 dari sebuah hal yang telah mengubah kehidupan manusia dan menciptakan sebuah generasi dunia virtual baru. Tepat hari ini, World Wide Web atau yang biasa biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW, berulang tahun ke-25. WWW adalah suatu program yang dikerjakan oleh Tim Berners-Lee pada 1989.

“Hari ini, dua puluh lima tahun yang lalu, saya mengajukan proposal untuk sesuatu yang nantinya akan menjadi World Wide Web. …. Pada Pada periode berikutnya, Web telah mengubah dunia dengan cara yang tidak pernah bisa saya bayangkan. Ada banyak kemajuan menarik. Ini telah menghasilkan miliaran dolar dalam pertumbuhan ekonomi, merubah data menjadi emas dari abad ke-21 , melepaskan inovasi dalam pendidikan dan kesehatan , mengurangi batas-batas geografis dan sosial , merevolusi media , dan memaksa reinvention politik di banyak negara dengan memungkinkan dialog dua arah yang konstan antara penguasa dan yang dikuasai”, tulis Sir Tim pada webat25.org.

Menurut Sir Tim, masih banyak yang harus dilakukan agar Web mencapai potensi penuh. Kita harus terus mempertahankan prinsip-prinsip inti dan mengatasi beberapa tantangan utama seperti:

  1. Bagaimana kita menghubungkan hampir dua pertiga dari planet ini yang belum bisa mengakses web?
  2. Siapa yang memiliki hak untuk mengumpulkan dan menggunakan data pribadi kita, untuk tujuan apa dan di bawah aturan apa?
  3. Bagaimana kita membuat arsitektur berkemampuan tinggi yang terbuka yang akan berjalan pada perangkat apapun, daripada jatuh kembali ke proprietary alternatives?

Melihat hal ini, maka hari ini adalah “tonggak penting” menurut Sir Tim. Ia berharap, hari ini akan memicu percakapan global tentang kebutuhan kita untuk mempertahankan prinsip-prinsip yang telah membuat web sukses, dan untuk membuka potensi yang belum dimanfaatkan Web. Sir Tim menyerukan agar setiap orang memberikan saran untuk Web yang mereka inginkan, melalui media sosial menggunakan tagar #web25 atau melalui webat25.org, untuk bersama-sama membuat Web menjadi lebih baik.

“Jika kita ingin Web yang baik untuk semua orang, maka semua orang harus memainkan peran dalam membentuknya, 25 tahun ke depan”, katanya.

Tags: , ,
Comments and 1,322 views

Eljuno Kasih

Volunteer, Social Media Enthusiast, Writer at Personal Blog: "Pena Daring", and Freelance Graphic Designer.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply