The Vamps – “Meet The Vamps.” Sebuah Perkenalan yang Manis dengan The Vamps | Album Review

Posted by
July 25, 2014

Meet_The_Vamps

Mungkin sebagian dari kita masih memiliki memori yang cukup jelas akan fenomena dari group Pop Rock remaja asal Inggris yang sempat digilai pada era tahun 2000-an, Busted dan McFly. Kni, ditengah fenomena boyband One Direction, muncul sebuah kuartet yang dapat dikatakan sebagai reinkarnasi dari kedua band tersebut, The Vamps. Dengan legitimasi musikalitas sebuah band rock yang semua personilnya mampu memainkan instrumen musik dan sesibilitas sebuah boyband dengan wajah yang tampan dan kemampuan bernyanyi yang baik, The Vamps memberikan opsi segar bagi penggemar music yang mungkin sudah lelah dengan dominasi 1D.

The Vamps mencoba peruntungan dengan sebuah album perdana berjudul “Meet the Vamps” yang diisi dengan 15 lagu Pop Rock catchy. Sangat ringan dan mudah dinikmati oleh siapapun, tetapi “Meet the Vamps” jauh dari kesan bubblegum Pop. Album ini digarap dengan sangat serius dan sound yang memiliki arah jelas. Wajar saja jika public Inggris menerima album dari The Vamps ini dengan tangan terbuka. Terbukti bahwa album “Meet the Vamps” berhasil meroket ke posisi 2 di minggu pertama penjualannya di Inggris.

Album ini dibuka dengan 4 hits berturut-turut dari The Vamps. Nomor pembuka, “Wild Heart” terdengar seperti fusi music Pop dengan Folk dan Country dengan sentuhan gitar akustik dan banjo yang membuatnya terdengar menyenangkan. Dilanjutkan dengan lagu ceria “Last Night,” yang liriknya menggambarkan kegembiraan setelah berpesta sepanjang malam dengan seseorang yang spesial. Lagu ketiga berjudul “Somebody To You” terdengar romantis dan sekaligus dinamis. Liriknya menyentuh tanpa terdengar gombal, cocok untuk menjadi lagu tema bagi siapapun yang ingin menyatan rasa cinta kepada kekasihnya.

“Can We Dance” hamper menunjukkan keberanian The Vamps untuk menghadirkan kata yang kasar. Tetapi, garis ini nampaknya belum dipilih sebagai sesuatu yang ingin dilanggar oleh mereka. Meskipun sebenarnya penggunaan kata tersebut hanya sebagai penekanan untuk sebuah lirik yang ingin menyampaikan sebuah tujuan yang baik. Ajakan kepada seorang wanita untuk berdansa. “Girls on TV” menghadirkan suasana pantai dengan lirik yang cukup unik. Nama dari 2 bintang wanita popular muncul sebagai bagian dari liriknya, Rihanna dan Beyonce.

Setelah menghadirkan 5 lagu berirama medium dan uptempo, track ke 6 dari “Meet the Vamps” yang berjudul “Risk it All” menghadirkan nuansa power ballad yang tetap dinamis. “Oh Cecilia (Breaking my Heart) langsung mencuri perhatian telinga dengan sentuhan Reggae. Lagu ini juga mengambil inspirasi dari sebuah lagu klasik milik Simon & Grafunkel berjudul “Cecilia.”

“Another World” kembali menghadirkan nuansa balada dengan lirik yang romatis. Dilanjutkan dengan “Move My Way” yang kembali mengembalikan nuansa keceriaan yang menjadi ciri khas The Vamps. “Shout About It” sebuah balada dengan nuansa akustik yang diisi dengan latar orchestra dapat menjadi lagu kuda hitam. Fans The Vamps dijamin akan menjadikan lagu ini sebagai salah satu favorit mereka untuk sing-a-long ketika konser.

Lagu “High Hopes” yang berirama medium tempo dimulai dengan manis dan bergerak dengan mulus ke tengah klimaks lagu. Sebuah single yang terdengar manis dan irresistible. “She Was the One” Menghadirkan nuansa Power Ballad dari lagu-lagu era tahun 80-an dengan lirik mengenai kehilangan seseorang yang dicintai.

3 lagu penutup dari album “Meet the Vamps” belum kehilangan spirit dan juga masih catchy seperti layaknya lagu-lagu di bagian awal album. “Dangerous,” “Lovestruck,” dan “Smile” masih memberikan dinamikan yang dijamin akan membuat kita bergoyang ketika mendengarkannya. Perkenalan pertama dari kuartet The Vamps melalui album ini terasa sangat manis. Sebuah album yang ringan dan dapat dinikmati oleh siapapun. Meskipun belum mampu memberikan benang merah berupa lirik-lirik serius yang menyentuh hal-hal lain diluar percintaan remaja, tetapi “Meet the Vamps” wajib mendapatkan apresiasi akan kehadiran sebuah band yang siap meraih dominasi global. Jika sedang merasa sedih atau kurang bahagia, album ini dijamin akan mampu menghidupkan kembali mood kita yang sedang turun.

Title: Meet the Vamps
Artist: The Vamps
Lable: Virgin / Universal Music Indonesia
Tracklisting:
1.     “Wild Heart”
2.     “Last Night”
3.     “Somebody to You”
4.     “Can We Dance”
5.     “Girls on TV”
6.     “Risk It All”
7.     “Oh Cecilia (Breaking My Heart)”
8.     “Another World”
9.     “Move My Way”
10.     “Shout About It”
11.     “High Hopes”
12.     “She Was the One”
13.     “Dangerous”
14.     “Lovestruck”
15.     “Smile”

Comments and 3,484 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply