Sound City | Film Review

Posted by
March 17, 2013

ca23b174

Debut di Sundance 2013, film Sound City mendapat sambutan antusias dari para pencinta film dan musik. Tidak berlebihan, karena film ini memang sebuah film dokumenter yang pantas untuk ditonton oleh semua orang, terutama bagi Flagers yang menyukai musik.

Sound City adalah film garapan Dave Grohl (Nirvana, Foo Fighter) bercerita tentang sebuah studio tua di Van Nuys, California yang bernama Sound City. Studio ini terkenal karena menggunakan sistem analognya untuk merekam, terutama untuk karena reputasinya dalam merekam sound drum-set kala itu. Sound City merupakan saksi bisu lahirnya karya-karya Fleetwood Mac, Rick Springfield, Tom Petty, dan Neil Young hingga album “Nevermind” milik Nirvana.

sound-city-poster

Film ini menampilkan wawancara-wawancara dengan para musisi, enginer, produser dan orang-orang yang terlibat di sound City, seperti Stevie Nicks, Lars Ulrich, Trent Reznor, Rick Rubin, Mick Fleetwood, Lee Ving dan puluhan narasumber lain. Flagers juga akan melihat kemegahan dari console analog bernama Neve, dan wawancara mengejutkan Rupert Neve sang penemu dengan Dave Grohl.

Ketika Sound City harus ditutup, Dave Grohl membeli Neve yang akhirnya dibawa kedalam studio miliknya, dan kembali merekam materi bersama musisi-musisi “alumni” Sound City lainnya, termasuk “Cut Me Some Slack” yang menampilkan Sir Paul McCartney. Untuk sebuah film debut, Dave Grohl membuat film Sound City mudah untuk dinikmati dari segi alur cerita, wawancara, dan tentunya “musik” yang diperdengarkan. Jeez.

Comments and 1,701 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply