Apa Itu SOPA & PIPA?

Posted by
January 20, 2012

Dalam beberapa hari terakhir ini dunia internet dihebohkan dengan 2 nama yang mirip nama gadis Spanyol: SOPA & PIPA. Sampai-sampai Wikipedia, Reddit, Google dan website besar lain ikut kampanye menentang mereka. Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA) adalah rancangan undang-undang yang sedang digodok lembaga legislatif Amerika. Kalau membaca namanya, kita pasti akan membayangkan dunia internet tanpa pembajakan. Tapi sebenarnya rancangan undang-undang itu jauh lebih sadis dari namanya. Jika PIPA/SOPA hidup sebagai manusia, sesungguhnya mereka adalah gadis-gadis manis yang memegang gergaji penuh darah ditengah malam dan menghantuimu.

SOPA/PIPA pada intinya memperbolehkan pemerintah Amerika untuk menutup akses bagi sebuah website yang dilaporkan mencantumkan konten illegal. Konten itu bisa berupa apa saja, bahkan jika kita sekedar berbagi link download lagu atau meng-copy sebuah gambar. Begini sederhananya. Jika kamu mencurigai sebuah website menyediakan link download lagu yang diduga bajakan, lalu melaporkan ke pemerintah Amerika, maka website itu akan langsung diblokir sehingga orang tidak bisa mengaksesnya. Lebih jauh lagi, pemerintah bisa memerintahkan Google untuk menghilangkan nama website itu dari daftar pencarian. Atau memerintahkan PayPal memblokir semua dana yang menuju atau berasal dari website itu. Ketika kita berbagi link di Twitter/Facebook, maka mereka juga wajib menghilangkan link itu, kalau dalam waktu beberapa hari sejak link itu ditayangkan belum juga dihapus? Maka pemerintah akan menutup mereka! Uggghh.

Bagian epic-nya, ternyata konten yang dimaksud itu bukan hanya yang berbentuk digital semacam film, tulisan, gambar atau musik. Sebuah website yang diduga mencantumkan produk palsu, misalnya kaos atau jam, maka mereka akan diperlakukan sama. Semua proses kejam itu akan dilakukan sepihak tanpa ada kesempatan membela diri. Ini adalah sebuah bencana karena semua orang bisa melaporkan yang lainnya tanpa perlu pengadilan.

Meski undang-undang ini hanya berlaku di Amerika Serikat, tapi seluruh dunia akan merasakan kesengsaraan yang sama, mengingat sebagian besar website di dunia berbasis disana. Sekarang semuanya menjadi jelas kenapa banyak website besar melakukan protes keras. Jika undang-undang ini resmi dijalankan, maka internet akan masuk ke era kegelapan. SOPA/PIPA adalah asteroid raksasa yang akan menghantam dan membuat internet kiamat. Internet bukan lagi dunia bebas untuk memuat konten-konten kreatif, sebuah kesalahan sedikit saja, akan menjadi alasan bagi pemerintah Amerika untuk mematikannya.

Comments and 1,368 views

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply