Transformasi Selena Gomez dalam Stars Dance – Album Review

Posted by
August 17, 2013

Image adalah hal yang paling melekat dari diri seorang bintang. Identitas yang telah dikenal dalam benak umum mengenai artis atau penyanyi menjadi sesuatu yang sulit untuk dilupakan. Begitu pula dengan Selena Gomez, bintang pop yang mengawali karirnya sebagai bintang cilik dalam serial Barney & Friends, kemudian berkembang menjadi aktris ABG di stasiun televisi Disney, hingga menjadi penyanyi pop remaja. Metamorfosa Gomez yang terbilang cukup mulus sebagai bintang yang memiliki image positif ternyata secara perlahan mulai diubah ke arah yang berani dan seksi. Transformasi yang jelas terlihat dari hubungan putus nyambung dengan Justin Bieber, peran yang cukup seronok dalam film Spring Breakers, hingga perubahan dramatis dalam album terbarunya yang berjudul Stars Dance.

Album solo pertama Selena Gomez ini seakan-akan menggambarkan ambisi sang bintang pop untuk meraih pasar yang lebih luas di luar para ABG penonton Disney Channel. Hal menonjol pertama yang tampak adalah cover album yang memperlihatkan penampilan Selena yang terkesan dewasa dan seksi. Stars Dance adalah album pop yang didominasi dengan irama dance dengan berbagai varian. Pop Dance yang dipadukan dengan Reggae, Bhangra, Industrial, House, Techno, hingga Dubstep. Wajar saja jika Selena Gomez berusaha untuk memperkuat keinginannya dalam terjun secara penuh ke arena musik Pop Dance. Saat ini berbagai lagu EDM memang tengah menguasai berbagai tangga lagu dunia. Usaha ambisiusnya terlihat dari jajaran produser yang menangani album Stars Dance. Salah satunya adalah The Cataracs yang telah memproduksi banyak lagu-lagu club populer.

Stars Dance dibuka dengan lagu berjudul Birthday yang cukup menghentak dalam mengajak pendengar untuk berpesta. Beat yang terdengar meriah diisi dengan lirik “Tell ‘em that it’s my birthday, when I party like that. Every night’s my birthday.” Dilanjutkan dengan lagu Slow Dance yang mendapatkan injeksi irama Dubstep di bagian bridge hingga refrain, seakan-akan menandakan kalau pesta di album Stars Dance baru saja dimulai.

Pada track nomor 4 yang diberi judul Like a Champion terdengar irama Reggae yang tak kalah menggetarkan. Lagu yang terpilih sebagai single pertama dari album Stars Dance adalah Come & Get It. Lagu yang banyak dikaitkan dengan putusnya hubungan Selena Gomez dengan Justin Bieber ini mengambil Bhangra sebagai musik yang dipadukan nada dance meriah. Kedua lagu ini memang cenderung terdengar seperti lagu-lagu yang bisa dinyanyikan oleh Rihanna, tetapi Gomez tetap menancapkan gaya vokal khasnya.

Selain Come & Get It, lagu yang juga terdengar personal adalah Love Will Remember. Meskipun ditulis oleh Antonina Armato, Desmond Child, David Jost, dan Tim James, lirik lagu ini seakan-akan muncul langsung dari benak Selena Gomez. Perhatikan saja liriknya yang berbunyi, “Yeah, we move on, even if we try to forget, love will remember.” Selena Gomez juga berusaha untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam menulis lagu sendiri. Meskipun hanya dihadirkan sebagai bonus track, tetapi Gomez telah menulis 3 lagu untuk album Stars Dance, antara lain: Nobody Does It Like Me, Music Feels Better, dan Lover In Me.

Stars Dance adalah sebuah album Pop Dance solid yang paling komersil dari Gomez. Meskipun sekilas terdengar monoton dari sisi pengembangan eksplorasi musik, tetapi Selena Gomez memang ingin menancapkan musiknya ke dalam genre pop dance untuk albumnya yang satu ini. Lirik yang masih berkutat seputar percintaan dan pesta, juga belum menonjol seperti lagu Who Says yang kuat sisi tema sosialnya dari album Kiss & Tell, saat Selena Gomez masih bersama The Scene. Semua lagu yang dihadirkan dalam Stars Dance terasa sangat ringan dan renyah. Mudah diterima dan didengarkan kapan saja dan oleh siapapun.

Tidak heran jika berbagai single dari Stars Dance akan secara rutin menjadi playlist di berbagai radio dan sukses menguasai berbagai charts. Lagu-lagu dalam album ini juga akan sering terdengar di berbagai club di seluruh dunia. Stars Dance telah berhasil menjadi album pertama Selena Gomez yang mencapai peringkat pertama di Amerika Serikat. Meskipun belum 100% berubah menjadi penyanyi dewasa, tetapi saat ini Selena Gomez dapat mengakui bahwa dirinya sudah sukses menyeberang dari image seorang bintang ABG Disney Channel menjadi seorang penyanyi remaja yang tengah berproses menuju sebuah kedewasaan.

Judul Album: Stars Dance
Lable: Hollywood Records / Universal Music Indonesia

Tracklisting:
1. Birthday
2. Slow Down
3. Stars Dance
4. Like a Champion
5. Come & Get It
6. Forget Forever
7. Save the Day
8. B.E.A.T.
9. Write Your Name
10. Undercover
11. Love Will Remember

Bonus Tracks:
12. Nobody Does It Like You
13. Music Feels Better

Exclusive Tracks:
14. Lover In Me
15. I Like It That Way

Beli dan download album Selena Gomez – Stars Dance disini

Comments and 3,084 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply