“The Hunger Games: Catching Fire” Soundtrack – Album Review

Posted by
December 27, 2013

catching fire ost 1

Sebuah album soundtrack yang berisi kumpulan musik orisinil memiliki tugas dalam menciptakan dampak dramatisasi dari sebuah film, tetapi album soundtrack “The Hunger Games: Catching Fire” ternyata memiliki tugas yang lebih besar. Album ini menjadi bentuk audio dari konsep visual film “Catching Fire” yang berhasil menjadi blockbuster di seluruh dunia. Tidak ada lagu yang tampil sebagai bagian dalam narasi cerita, hanya “Atlas” dari Coldplay yang beruntung menjadi pengisi end credits di film. Namun, dampak yang ditimbulkan oleh album soundtrack ini, mampu menghidupkan kembali visualisasi dari film “Catching Fire” yang kemungkinan besar sudah disaksikan oleh kita.

“Atlas” dari Coldplay memang pantas dijadikan pembuka album. Mood dari sound dan juga kekuatan lirik yang ditulis oleh keempat personil Coldplay ini sendiri, menjadi simbol dari spirit “The Hunger Games: Catching Fire.” Bagian refrain yang berbunyi, “Carry your world, I’ll carry your world.” Menjadi penggambaran pengorbanan yang telah dilakukan oleh karakter Katniss untuk Distriknya dan juga Distrik lain yang mengandalkannya.

Of Monsters and Men dengan “Silhouettes,” The National dengan “Lean,” The Weeknd dengan “Devil May Cry,” dan Ellie Goulding dengan “Mirrors” menghadirkan lagu-lagu yang melambangkan unsur kesedihan, pertentangan, dan kesuraman dari film. Berbagai balada yang terasa mencekam dan menyentuh dengan lirik-lirik yang dapat mengisi bagian-bagian tertentu dari film “The Hunger Games: Catching Fire.”

“Elastic Heart” yang dihadirkan oleh Sia Featuring The Weeknd dan Diplo, juga “Who We Are” dari Imagine Dragons seakan membuka genderang perang. Lagu-lagu yang membangkitkan semangat ini menjadi simbol spirit perlawanan dari para tributes terhadap Capitol. “We Remain” dari Christina Aguilera juga masih menyiratkan semangat. Sebuah keinginan untuk bangkit dan bertahan terhadap kekuasan Capitol yang tak terhingga. Lirik lagu ini terdengar sangat inspirasional dan membangkitkan semangat diri untuk berusaha lebih keras dalam hidup. Balada ini ditulis oleh Pentolan band One Republic, Ryan Tedder bersama Brent Kuzle dan Mikky Ekko.

Penyanyi muda yang tengah menjadi sorotan karena kesuksesannya, Lorde, menyumbangkan suaranya yang terdengar perih dalam lagu remake milik Tears For Fears, “Everyboy Wants To Rule The World.” Tembang yang sebelumnya terdengar ceria, diolah menjadi lagu yang mencekam dan penuh kemarahan. Suara bass drum yang dipadu dengan synthesizer semakin memperkuat mood amarah dari lagu ini. Mengingatkan kita pada musik dari Phill Collins di era 80-an.

“Gale Song” dari The Lumineers dan “Capitol Letter” dari Patty Smith mempertahankan tradisi folk yang menjadi benang merah musik pada film “The Hunger Games” pertama. Jika “Gale Song” merupakan tribute untuk karakter Gale yang diperankan oleh Liam Hemsworth, maka “Capitol Letter” merupakan lagu tema untuk seorang Katniss.

Album soundtrack “The Hunger Games: Catching Fire” ditutup dengan manis oleh Santigold dengan “Shooting Arrows at The Sky.” Sangat sesuai dengan jalinan cerita film yang klimaksnya menampilkan adegan seperti judul dari lagu ini. Nuansa 80’s juga terasa dalam lagu ini, sehingga sedikit menimbulkan suasana nostalgia.

Soundtrack “The Hunger Games: Catching Fire” adalah sebuah album yang dipersiapkan dengan konsep yang sangat baik. Setiap lagu di album ini memiliki narasi yang penting untuk mengisi bagian-bagian dari film. Cukup disayangkan, berbagai musik yang telah diproduksi dengan matang ini ternyata tidak menjadi bagian dari film. Tetapi, paling tidak album ini akan menjadi pendamping yang pas setelah menyaksikan “The Hunger Games: Catching Fire.” Album ini juga dapat menjadi backsound menarik yang dapat membangun suasana saat kita membaca versi buku dari “The Hunger Games: Catching Fire.”

Title: The Hunger Games: Catching Fire – Original Motion Picture Soundtrack
Artist: Various
Lable: Universal Republic
Tracklisting:
1.Coldplay – “Atlas”
2. Of Monsters and Men – “Silhouettes”
3. Sia (ft. The Weeknd & Diplo) – “Elastic Heart”
4. The National – “Lean”
5. Christina Aguilera – “We Remain”
6. The Weeknd – “Devil May Cry”
7. Imagine Dragons – Who We Are”
8. Lorde – “Everybody Wants to Rule the World”
9. The Lumineers – “Gale Song”
10. Ellie Goulding – “Mirror”
11. Patti Smith – “Capital Letter”
12. Santigold – “Shooting Arrows at the Sky”

Comments and 6,766 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply