Terbang Ke Luar Angkasa Bersama Escape Dari EndahNRhesa

Posted by
August 20, 2013

EndahNRhesa Escape

Duo pengusung folk acoustic, EndahNRhesa kembali dengan sajian minimalis terbaru mereka. Escape adalah sebuah album berisi 10 track yang masih konsisten dengan gaya khas EndahNRhesa. Namun, kali ini mereka mencoba menghadirkan suatu nuansa luar angkasa yang akan membawa kita melayang ke sebuah dimensi berbeda. Album yang sepenuhnya diproduksi dan diisi oleh EndahNRhesa ini masih didistribusi di bawah lable indepent terdepan di Indonesia, Demajors.

Escape dibuka dengan lagu yang diberi titel Hypergalaxy Intro. Sesuai dengan judulnya, kita seakan dipersiapkan untuk masuk ke sebuah gerbang di galaksi yang berbeda. Dilanjutkan dengan alunan nada yang terkesan mencekam dan sekaligus mengejutkan dalam “Silence Island”. Diawali dengan lirik yang berbunyi, “welcome to reality, you may have to see, live in children’s fantasy.” Lagu ini ternyata tidak menggambarkan mood keseluruhan dari album “Escape.” Pada track nomor 3, EndahNRhesa menurunkan tempo dengan lagu berjudul “Someday.” Lagu ini entah menggambarkan suatu kenangan indah di masa lalu, atau sebuah harapan akan cinta indah di masa yang akan datang.

Dalam lagu “Spacybilly,” beat-beat retro dengan gaya akustik yang dihadirkan seakan menunjukkan musikabilitas yang sudah menjadi trademark EndahNRhesa. Track dengan nomor urut 5 yang berjudul “Just Tonight” terdengar sebagai lagu yang paling mainstream. Catchy dan sekaligus radio friendly, lagu ini dapat menjadi hit yang bisa memperkenalkan EndahNRhesa kepada penikmat musik yang masih awam terhadap karya mereka.

Lirik lagu “Somewhere In Between” berisi sebuah permohonan untuk menjadikan seorang idaman sebagai kekasih. “I want you, I want you to be mine, and you need to know that I love you so. Yes, I do.” Sementara itu, “Tears From My Eyes” justru sangat berbeda dengan “Somewhere In Between.” Lirik lagu ini menggambarkan ketegaran dalam menghadapai sebuah hubungan yang kandas. “Tears From My Eyes” dapat menjadi anthem bagi yang baru saja merasa galau karena putus cinta.

“Alone In The Loneliness” mengajak kita untuk menyepi dan berpisah dari keramaian dunia setelah merasakan sebuah kekecewaan yang mendalam. Terdengar sangat indah dan sekaligus dapat menjadi sebuah terapi. Masih dengan mood yang sama, “Gone Forever” seakan menggambarkan sebuah harapan dari seseorang yang sekarat agar orang yang ditinggalkannya bisa mengikhlaskan kepergiannya. Perhatikan saja liriknya yang terdengar sangat sendu dan mengharukan, “don’t you grief for me, will you stay with me, and I hold you close, and I’m cold, I’ll be gone forever.” Album Escape ditutup dengan “Sun Goes Down.” Pemilihan lagu ini sebagai track terakhir adalah sebuah pilihan yang sangat tepat. Seiring dengan tenggelamnya matahari, lagu ini juga menjadi tirai yang menutup album ini dengan indah.

“Escape” bukanlah sebuah album pop yang dapat dicerna dengan mudah seperti layaknya album dari sebagian besar musisi masa kini, yang cenderung berisik karena berusaha mencari cara instan untuk didengar. Dengan gaya minimalisnya, EndahNRhesa memberikan sebuah sajian yang berbeda. Indah dan menenangkan, itulan kesan yang akan kita peroleh setelah mendengarkan keseluruhan materi dari album ini. Jika penat dengan berbagai kesibukan sehari-hari, “Escape” juga bisa menjadi sebuah terapi musik yang sangat efektif.

EndahNRhesa dengan konsisten mempertahankan ciri khas mereka secara elegan. Keberanian untuk menghadirkan semua lirik lagu dalam bahasa Inggris juga layak mendapatkan sambutan. Di tengah serbuan berbagai musisi yang mengerjar nilai komersial, EndahNRhesa justru tetap asyik dengan nilai artistik mereka. Mulai dari sajian cover yang unik hingga konsep luar angkasa yang disajikan. Jika ingin merasakan efek yang maksimal dari “Escape,” jangan lupa memasangnya di sebuah sound system yang layak, atau gunakan headphone agar kita bisa menyerap berbagai sound akustik indah yang disajikan oleh EndahNRhesa.

Judul Album: Escape
Lable: Demajors

Tracklisting:
1. Hypergalaxy Intro
2. Silence Island
3. Someday
4. Spacybilly
5. Just Tonight
6. Somewhere In Between
7. No Tears From My Eyes
8. Alone In The Lonliness
9. Gone Forever
10. Sun Goes Down

Beli dan download album EndahNRhesa – Escape disini

Comments and 3,407 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply