REVIEW : Sigur Ros Live In Jakarta #SigurRosJKT

Posted by
May 11, 2013

DSC_7366

Agak ragu awalnya ketika memasuki area Istora Senayan, tempat berlangsungnya konser Sigur Ros Live in Jakarta. Ragu karena takut jumlah penonton yang tidak terlalu banyak seperti yang saya kira. Setidaknya tidak seramai terakhir kali saya liputan konser di Istora Senayan sebelumnya. Tetapi ternyata saya keliru. Ketika waktu berjalan semakin malam, para penonton mulai berdatangan dari segala penjuru, baik yang tengah bersama pasangan atau datang dengan gerombolan sahabat yang berbondong- bondong hanya untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri aksi Jonsi dkk. Alhasil, antrean panjang menjulang di depan pintu masuk, terutama didepan pintu masuk venue bagian Festival.

DSC_7231

Saya cukup takjub dengan antusiasme penonton malam itu, apalagi ketika lagu Yfirbord membuka konser ini. Walaupun kala itu penonton disuguhkan dengan kain putih besar yang menutupi seluruh panggung dan hanya bisa mendengar musik serta suara Jonsi dari balik kain tersebut. Hingga dipertengahan lagu kedua Ný batterí kain tersebut jatuh bersamaan dengan klimaks musik yang sedang dimainkan. Tentu Flagers bisa membayangkan perasaan para penonton malam itu. Histeris!

DSC_7199

Tata panggung malam itu dibuat sedemikian rupa sehingga begitu memanjakan mata. Banyak lampu bohlam yang menghiasi instrumen dan soundsystem yang ada di atas stage. Yang paling menarik, LED besar menjadi latar belakang menampilkan videografi yang super keren. Kabarnya pihak Sigur Ros membawa proyektor sendiri dan LED tersebut atas saran dari mereka. Salut kepada promotor Flux and Play dan Blood Brother Entertaiment karena telah menyiapkan audio-visual yang luar biasa keren. Kemegahan dimensi audio-visual menjadikan konser malam itu sebagai salah satu konser paling istimewa yang pernah saya miliki.

DSC_7284

Sigur Ros tampil energik walaupun jarang melakukan komunikasi dengan para penonton. Hanya mengucapkan “Thank You very much”, kepada penonton usai melakukan koor massal pada lagu Olsen-olsen. Total 14 lagu dimainkan untuk menghibur para penonton malam itu, mulai dari hits-hits seperti Svefn g Englar, Varuo, Sæglópur, hingga Hoppipola yang merupakan lagu terpopuler mereka. Serta memainkan lagu-lagu baru seperti Brennisteinn yang merupakan single dari album terbaru, Kveikur yang rencananya akan rilis Juni mendatang. Usai menyanyikan Brennisteinn para personil Sigur Ros turun meninggalkan panggung yang tentunya diikuti dengan ritual encore pada umumnya sebuah konser Internasional. Akhirnya Sigur Ros naik lagi keatas panggung dan menutup malam itu dengan lagu Glosoli dan Popplagio dengan sempurna. Terima kasih Sigur Ros, terima kasih karena telah memberikan kota ini sebuah malam yang begitu istimewa.

Tracklist:

1. Yfirbord
2. Ny Batteri
3. Vaka
4. Hranfntinna
5. Sæglópur
6. Svefn-g-englar
7. Varuo
8. Hoppipola
9. Olsen olsen
10. Kveikur
11. Festival
12. Brennisteinn
13. Glosoli
14. Popplagio

Text & Photo by Rendy Tsu

Supported by Flux & Play, Blood Brothers Entertainment

Comments and 2,017 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply