Kemegahan Emosi Bermusik Emeli Sande dalam Our Version of Events – Album Review

Posted by
November 1, 2013

Emeli-Sandé-Our-Version-of-Events-Special-Edition-2012

Ada apa sebenarnya dibalik album “Our Version of Events” dari Emeli Sande yang begitu banyak mendapakan pujian dari kritikus musik dan juga penghargaan yang bergengsi? Keistimewaan album ini tidak terletak pada kerumitan tingkat musik ataupun tema yang unik, tetapi lebih kepada kedalaman emosi seorang Emeli Sande yang dibangun melalui ilustrasi musik yang indah dan lirik yang penuh makna. Luapan berbagai jenis emosi mulai dari kemarahan, kesedihan, kesabaran, dan jatuh cinta disajikan dengan penuh elegan dan kemegahan dalam “Our Version of Events.”

Album ini dibuka dengan “Heaven,” lagu dinamis yang menyentuh masalah sosial dan agama. Dalam lirik lagu ini, Emeli Sande mempertanyakan apakah dirinya yang tidak sempurna akan memiliki tempat di surga. Irama drum & bass berpadu dengan string orchestra membuat “Heaven” terasa pas sebagai pembuka “Our Version of Events.” “My Kind of Love” menghadirkan sudut pandang yang berbeda. Sebuah perasaan empowerment dan kasih sayang dari sudut pandang Tuhan. Sebuah lagu yang akan menguatkan perasaan kita saat sedang ditimpa berbagai kesedihan dan masalah. Simak saja dari cuplikan lirik chorus lagu ini. “Cause when you’re given up. When no matter what you do, it’s never good enough. When you never thought that it could ever get this tough. That’s when you feel my kind of love.” Menenangkan dan sekaligus membangkitkan semangat.

Perasaan cinta tanpa syarat dapat kita simak dari 2 lagu yang memiliki lirik universal, “Where I Sleep” dan “Mountains.” Keduanya menghadirkan pengorbanan yang rela dilakukan jika sesorang sedang membagi kasih sayangnya kepada orang lain. Tidak harus cinta dalam bentuk pasangan kekasih, tetapi cinta kepada teman, orang tua, atau siapapun yang kita sayangi. Emosi yang berbeda kembali dimunculkan oleh Emeli Sande dalam “Clown.” Lagu yang juga menjadi hit ini, menggambarkan kemarahan, penyesalan dan sekaligus kepasrahan. Iringan piano dan orkestra seakan-akan menemani Emeli yang tengah menangis dengan tegar melalui nyanyiannya. “Clown” terdengar menyedihkan tetapi di sisi lain tetap mencerahkan.

Dalam lagu “Daddy,” Emeli Sande menggambarkan obsesi pada sesuatu yang membuat kita kecanduan. Ayah dalam hal ini adalah sebagai sesorang yang menjadi penentu batas antara hal baik dan buruk dalam kehidupan. Sahabat Emeli yang merupakan seorang produser musik, Naughty Boy diajak untuk menjadi kolaborator dalam “Daddy.” Lagu “Maybe” dan “Suitcase” berfungsi sebagai break up songs dalam “Our Version of Events.” Kedua lagu patah hati ini menghadirkan emosi seorang Emeli Sande yang sedang berusaha untuk memahami, mengapa cinta yang Ia jalani tidak dapat bertahan.

Emeli Sande kembali menghadirkan tema tentang pengorbanan yang rela dilakukan demi sesorang yang disayangi. Hanya dengan iringan piano, melalui “Breaking The Law,” Emeli menggambarkan bahwa peraturan apapun akan dilanggar untuk membahagiakan orang tersebut. “Whatever it takes, to get what you need. Ignore the alarms, ignore the police. I’ll never stop breaking the law for you.” Lagu bernuansa gospel dengan lirik inspirasional, “Next To Me” kembali menghadirkan suasana yang megah. Iringan Piano dipadu dengan drum, brass section dan orchestra membuat lagu ini menjadi salah satu lagu terbaik dari “Our Version of Events.” Tidak mengherankan jika “Next To Me” adalah salah satu lagu paling populer dari album ini.

“River,” “Lifetime,” dan “Hope” kembali menampilkan emosi yang berbeda dari seorang Emeli Sande. Kalau “River” menggambarkan mengenai kesetiaan, “Lifetime” menghadirkan keriangan dari rasa cinta, “Hope” yang diciptakan Emeli bersama Alicia Keys menunjukkan harapan akan suatu keinginan. “Read All About It (PT.III)” menjadi puncak kegemilangan album “Our Version of Events.” Megah, inspirasional, dan sekaligus menghantui jiwa. Lirik lagu ini seakan-akan ingin mengajak kita untuk menampilkan diri kita ke tengah dunia dengan kempuan yang kita miliki agar meraih prestasi yang terbaik. Emeli kembali menghadirkan emosinya melalui spirit positif yang akan menggugah kita.

Versi special edition “Our Version of Events” juga diisi dengan beberapa bonus Tracks yang ternyata sama kuatnya dengan lagu-lagu utama dalam album ini. “Wonder” yang merupakan tembang milik Naughty Boy yang menampilkan vokal Emeli Sande, kembali membawa kita ke arah gospel meriah yang terasa anthemic seperti layaknya lagu “Next To Me.” Lagu ini juga diambil dari album milik Naughty Boy, “Hotel cabana.”

Dalam special edition “Our Version of Events” juga menampilkan versi alternate dari “Breaking The Law”, dan sebuah lagu yang tidak masuk ke versi awal album ini, berjudul “Easier in Bed.” Yang juga tidak boleh dilewatkan dari album ini adalah “Beneath Your Beautiful” yang merupakan kolaborasi Emeli Sande bersama Labrinth. Lagu ini bisa kita katakan sebagai hit paling indah yang pernah dinyanyikan oleh Emeli Sande. Dengan liriknya yang memberikan semangat untuk menunjukkan kecantikan diri melalui kebaikan hati. Album ini ditutup dengan sebuah remake dari lagu legendaris, “Imagine” milik John Lennon. Meskipun sudah banyak dinyanyikan dalam berbagai versi, tetapi Emeli Sande tetap menancapkan gaya khas dalam lagu ini.

“Our Version of Events” adalah sebuah album yang akan mengajak kita untuk menikmati berbagai gejolak emosi yang dihadirkan oleh Emeli Sande melalui kemampuan vokalnya. Selain memilki suara yang khas dan kemampuan mencapai nada-nada tinggi, hal yang patut diacungkan jempol dari Emeli adalah bagaimana Ia mampu menunjukkan berbagai emosi melalui suaranya. Emeli Sande juga tidak sekedar pamer kemampuan dengan permaian vokal gymnastics ala Beyonce atau Mariah Carey. Ia mampu menghadirkan ketepatan emosi pada momen yang pas, sehingga membuat kita merasa larut dalam pesan yang ingin disampaikannya.

Title: Our Version of Events
Artist: Emeli Sande
Lable: Virgin Records
Tracklisting:
1. “Heaven”
2. “My Kind of Love”
3. “Where I Sleep”
4. “Mountains”
5. “Clown”
6. “Daddy” (Feat. Naughty Boy)
7. “Maybe”
8. “Suitcase”
9. “Breaking the Law”
10. “Next to Me”
11. “River”
12. “Lifetime”
13. “Hope”
14. “Read All About It (Pt. III)”
Bonus Tracks:
15. “Tiger”
16. “Wonder” (Naughty Boy Feat. Emeli Sande)
17. “Breaking The Law”
18. “Easier In Bed”
19. “Beneath Your Beautiful” (Labrinth Feat. Emeli Sande)
20. “Imagine”

Comments and 5,153 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply