Java Jazz 2014 Highlight: Allen ‘The Next Big!’ Stone

Posted by
March 4, 2014

DSC_0344

Sebagai salah satu penampil utama, nama Allen Stone sebenarnya cukup asing jika disandingkan dengan nama-nama besar lain di line up Java Jazz Festival 2014. Di hari pertama (Jumat, 2/3) nama Jamie Cullum menjadi bintang malam itu, sedangkan pada minggu (3/3) malam, nama Natalie Cole dan India Arie bersiap menghibur ratusan penonton yang sebagian besar terdiri dari generasi 80an. Tapi ternyata hal tersebut tidak membuktikan dua penampilan Allen Stone di kedua malam itu sepi pengunjung. Hal itu saya saksikan sendiri.

Tidak banyak perubahan tracklist di kedua penampilannya di Java Jazz Festival, hanya perubahan urutan judul. Tapi saya lebih menyukai penampilan di hari terakhir lantaran performance malam itu serasa lebih intim. Jika pada hari pertama Allen Stone dijadwalkan perform di D1 Simpati Stage, penonton diharuskan duduk untuk menyaksikan sang bintang malam itu tampil, tapi ketika penampilan keduanya di A3 BNI Stage pada hari minggu berlangsung, para penonton dengan leluasa untuk bergoyang dan menikmati musik yang ditampilkan.

DSC_0387

‘Celebrate Tonight’ dan ‘Unware, adalah dua lagu andalan yang ditunggu-tunggu sebagian besar penonton malam itu. Walaupun masih terbilang baru, tidak sedikit penggemar yang sudah fasih menyanyikan kedua lagu tersebut. Jika ‘Million’ sukses membuat penonton bergalau-ria, ‘Contact High’ seperti meyakinkan penonton malam itu jika Allen Stone adalah penyanyi soul yang memang patut diperhitungkan. Sedangkan lagu ‘Voodoo’, ‘Say So’, dan ‘Sleep’ setidaknya berhasil membuat para penonton bergoyang seirama.

Tidak melulu membawakan lagu sendiri, ia juga sempat meng-cover hits Gotye ‘Somebody That I Used To Know’ dengan aransemen yang luar biasa keren, seakan-akan lagu itu memang miliknya. Kedua penampilannya di Java Jazz Festival sama-sama ditutup oleh judul ‘Satisfaction’, memberikan kepuasan tak terukur bagi setiap penonton yang hadir saat itu.

Dengan karakter dan kepribadian yang khas, ia menyajikan musikalitas yang luar biasa. Allen Stone is the next big thing!. Hal itu juga dirasakan oleh Capitol Record yang kabarnya baru saja melakukan kontrak kerja sama untuk album barunya nanti. Tidak sabar untuk segera mendengar kabar baik darinya. Will see.

Comments and 1,505 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply