Jake Bugg Kembali Dengan Album “Shangri La” – Feature

Posted by
October 22, 2013

Jake-Bugg-Shangri-La

Setelah sukses menggebrak melalui album pertama yang mendapatkan pujian dari kritikus musik dan sambutan komersial dari pasar, dengan mencapai peringkat pertama di Inggris, Jake Bugg kembali dengan album kedua yang diberi judul “Shangri La.” Album ini sekaligus menancapkan kredibiltas Bugg sebagai musisi muda berbakat asal Inggris dengan pembuktian melalui gaya bermusik yang unik dan semakin berkembang.

Dalam album “Shangri La,” Jake Bugg bekerjasama dengan produser veteran Rick Rubin. Melalui koneksi yang diperoleh manajemennya, Jake Bugg akhirnya bisa bekerjasama dengan produser legendaris tersebut. Meskipun tahun ini Rick Rubin tengah disibukkan dengan menjadi produser berbagai musisi papan atas seperti Eminem, Black Sabbath, Lady Gaga, Linkin Park dan Kanye West, tetapi Ia memutuskan untuk tetap membantu Jake Bugg. Rick bahkan secara khusus mengajak Jake untuk rekaman di studio miliknya, yang menjadi inspirasi judul album “Shangri La.” Sebagai musisi muda, Jake cukup beruntung seorang Rick Rubin bersedia untuk bekerjasama dengannya. Hal ini tentunya merupakan kontribusi dari bakat yang dimiliki oleh Bugg, dan juga materi album pertama yang berhasil mencuri perhatian Rubin.

JAKE Bugg RUBIN

Jake Bugg menganggap bahwa “Shangri La” merupakan album yang lebih berani dibandingkan dengan proyek debutnya yang rilis pada akhir tahun 2012 lalu. Jika album pertamanya merupakan koleksi dari berbagai lagu hasil ciptaan Bugg selama bertahun-tahun, maka “Shangri La” adalah sebuah album yang berisi materi-materi musik yang diciptakannya dalam setahun, dan direkam khusus selama sesi bersama Rick Rubin dalam waktu yang cukup singkat. Jake Bugg juga merasa kualitas vokalnya semakin membaik dalam album ini, berkat dari perjalanan tour padat yang telah Ia lalui.

Proses awal pertemuan Jake Bugg dengan Rick Rubin dilalui tanpa basa basi. Rubin langsung mengambil sebuah gitar akustik dan meminta Bugg untuk memainkannya beberapa materi baru yang Ia miliki. Meskipun Jake Bugg sudah mempersiapkan lagu-lagu yang Ia ciptakan selama proses tour, tetapi Ia menganggap bahwa Rick Rubin telah membantu dalam mengubahnya menjadi lagu-lagu yang utuh. Sebenarnya, proses rekaman bersama Rick Rubin hanya ditujukan untuk produksi 2 lagu yang berjudul “Broken” dan “Slumville Sunrise,” tetapi Jake Bugg bersama timnya kembali ke studio milik Rubin untuk menyelesaikan keseluruhan materi album.

Lagu “What Doesn’t Kill You” sudah dirilis sebagai teaser bagi penggemar pada 23 September lalu. Single yang berirama Punk namun tetap menunjukkan sisi Folk Rock kental ini, ternyata tidak menggambarkan keseluruhan isi dari album “Shangri La.” Jake Bugg ingin memberikan kejutan melalui lagu pertama tersebut. Bugg menyatakan kalau, “musik adalah melanggar aturan.” Jadi, jangan mengharapkan sesuatu yang monoton dari musisi berusia 19 tahun ini.

Melalui single kedua “Slumville Sunrise,” Jake Bugg menunjukkan skill permainan gitarnya yang apik. Selain menghadirkan tempo yang unpredictable, Bugg juga menyisipkan gaya Blues ke tengah musik Folk Rock yang membuat lagu ini menjadi sesuatu yang unik. Video musik dari lagu “Slumville Sunrise” disutradarai oleh filmaker kondang Inggris yang pernah memenangkan penghargaan BAFTA, Shane Meadows. Dalam video yang mengambil setting di kota asalnya, Nottingham, Jake Bugg menunjukkan bakatnya yang lain, yaitu berakting. Ia tampil sebagai seorang anak muda yang merampok cincin di sebuah toko perhiasan untuk kekasihnya yang sedang menunggu di rumah.

“Shangri La” dirilis pada tanggal 18 November 2013. Dengan keseriusan yang ditunjukkan oleh Jake Bugg akan materi album keduanya ini, dan juga olahan dari produser legendaris Rick Rubin, tampaknya “Shangri La” adalah salah satu materi yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh penggemar musik. Akankah “Shangri La” mencapai kesuksesan komersial dan juga mendapatkan pengakuan yang sama dari kritikus musik seperti layaknya album pertama Bugg? Kita nantikan saja kehadirannya.

Tracklisting
Title: Shangri La
Artist: Jake Bugg
Lable: Mercury / Universal

1. There’s A Beast And We All Feed It
2. Slumville Sunrise
3. What Doesn’t Kill You
4. Me And You
5. Messed Up Kids
6. A Song About Love
7. All Your Reasons
8. Kingpin
9. Kitchen Table
10. Pine Trees
11. Simple Pleasures
12. Storm Passes Away

Comments and 1,630 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply