Billboard Add YouTube Video Streaming to Chart Platforms

Posted by
February 21, 2013

baauer_650-430

Billboard dan Nielsen hari ini mengumumkan tentang penambahan Youtube Video Streaming Data ke dalam platform mereka, yang mana mencakup update metodologi untuk chart Billboard Hot 100.

Jelasnya, jika selama ini formula yang digunakan adalah melalui penjualan digital track download oleh Nielsen dan penjualan single fisik, serta jumlah airplay di radio terestrial, audio streaming on-demand dan streaming radio online, juga dilacak oleh Nielsen. Maka saat ini, Youtube streaming data sekarang juga menjadi salah satu faktor penentu peringkat chart Billboard.

Billboard sekarang menggabungkan semua official video di Youtube untuk diukur oleh Nielsen, termasuk VEVO, dan user-generated clip yang memanfaatkan audio untuk nantinya akan digunakan dalam Hot 100, maupun chart Hot 100 berbasis genre seperti Hot Country Songs, Hot R&B/Hip-Hop Songs, R&B Songs, Rap Songs, Hot Latin Songs, Hot Rock Songs dan Dance/Electronic Songs.

Jika ditanya tentang video Youtube paling menonjol minggu ini, Flagers tidak akan menyangkal jika virus Harlem Shake dari Bauuer masih menghiasi internet kalian. Karena perubahan perhitungan platform ini, Harlem Shake nantinya dipastikan debut no.1 di chart Hot 100 dan Streaming Song. Serta naik peringkat dari 12 ke 1 di Dance/Electronic Songs dengan jumlah 103 juta viewers menurut Youtube.

Tidak cuma Harlem Shake, lagu-lagu lain yang disoroti Youtube adalah Stay dari Rihanna yang melompat dari urutan 53 ke 2, dan Drake – Started From The Bottom yang juga meningkat dari posisi 63 ke deretan 10 besar.

Update chart Billboard akan baru terjadi besok hari, sehingga Flagers bisa langsung melihat perubahan signifikan dari chart-chart yang ada.

source : billboard

Comments and 1,705 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply