Sebuah percakapan dengan Adryboim

Posted by
October 17, 2012

Laki-laki berusia 26 tahun ini merupakan salah satu aktor yang berada di balik kesuksesan Raisa, musisi pendatang baru di dunia musik Indonesia yang kini namanya mulai disejajarkan dengan diva-diva papan atas lokal. Memiliki nama lengkap Adryanto Pratono atau biasa akrab dipanggil Adryboim memulai kariernya sebagai manajer Raisa sejak November 2009.

Dan hasilnya, kerja keras tim Raisa di bawah arahan Adryboim membuahkan hasil yang luar biasa, khususnya di tahun 2012. Pekan lalu, Flagig berkesempatan mewawancarai beliau.

Bisa ceritain ga asal mula bisa jadi manajer Raisa?
Awalnya gw kenal sama anak-anak RAN dan Vino (manajer RAN), gw bareng Vino juga pernah punya proyek manajerin salah satu artis di tahun 2008. Pada November 2009, gw cabut dari kerjaan gw dulu di majalah Hai. Saat itu gw dihubungin Handy (Soulvibe), karena tau dari Asta (RAN) gw mau cabut dari Hai, dan diceritain lah tentang proyek mereka (Handy Soulvibe, Rio Soulvibe dan Asta RAN) untuk memanajeri Raisa di kancah industri musik Indonesia. Sebenarnya ketiga produser ini udah berniat untuk promote Raisa sejak awal tahun 2009, namun karena kesibukan masing-masing, proyek bersama Raisa selalu tertunda.

Setelah gw diceritain mengenai proyek bersama Raisa, gw minta langsung dikenalin dengan Raisa. Selang seminggu, akhirnya gw meeting pertama kali dengan Raisa, di Urban Kitchen Pacific Place. Gw coba perkenalkan diri dan latar belakang gw, well, saat itu dia langsung ok, dan sejak saat itu kita mulai persiapan perihal materi-materi, rekaman, demo dan lain-lain. Hasilnya, di bulan Januari 2010 kita mulai gig pertama kita di Hey Folks, sebuah Indiepop Store di Jl. Bumi 17 Mayestik, Jakarta Selatan dan lanjut sampai sekarang.

Repot ga manajerin Raisa?
Ga sih, Raisa anaknya ga ribet, ga ribet versi gw. Salah satunya adalah dia bisa pergi tanpa bawa make-up artist. Menurut gw, Raisa so far sangat kompeten untuk di industri musik, selain bakat, mental dan keinginannya juga kuat, yang tentunya udah kalian liat sampai saat ini.

Bisa sharing gimana lo mulai karir bermanajer dari nol?
Gw dari kelas 2 SMA freelance fotografer untuk majalah Gadis. Kemudian pas gw kelas 3 SMA, gw ngelamar ke koran SMA dari majalah Hai. Saat itu gw juga sebagai manajer dari Emayla band. Setelah itu dunia manajer-bermanajer ria gw berlanjut dengan memanajerin Ladya Cheryl. Dulu kelar sekolah gw berniat untuk ambil kuliah jurusan kedokteran, tapi berhubung gw dapet informasi kalo kuliah komunikasi lebih gampang, langsung deh gw ambil jurusan tersebut. Alhamdulillah kuliah 4,5 tahun gw kelar dan lanjut deh jadi kayak sekarang.

Hal apa aja sih yang perlu disiapin kalo ada orang mau menjadi manajer band kaya lo?
Bisnis ini butuh banget yang namanya relasi. Relasi itu ibarat modal kalo di dunia usaha. Menurut gue, kalo dateng ke suatu acara musik, dan di acara tersebut lo hanya kenal 1-2 orang, itu pertanda lo masih belum bisa menjadi manajer. Paling ga lo harus kenal lebih dari 10 orang di situ, belum lagi temen-temen media. At least lo harus kenal minimal 2 atau 3 temen media.

Ada ga yang menjadi influence dalam karier lo?
Kepengen banget tau, kalo sekarang bidang yang sekarang gw geluti ini(manajer band) punya ilmu tertentu sehingga gw tau yang gw lakukan saat ini salah atau bener, tapi ternyata menurut gw ilmunya justru experience gw sendiri. Gw saat ini sebagai business manager Raisa, bukan sebagai planner, bukan juga sebagai production manager, dan bukan juga personal manager. Ilmu pasti untuk hal-hal kayak gini hampir ga ada. So ketika ditanya apa yang jadi influence gw ketika berkarier di bidang ini, jawaban gw adalah disiplin ilmu marketing, bisnis dan komunikasi ketika dilebur menjadi satu. So basically ketiga disiplin ilmu itulah yang terus meng-influence gw sampai sekarang.

Lagu Raisa favorit lo?
Pergilah.

Yang lo ketahui tentang urban lifestyle?
Gaya hidup sehari-hari orang di Jakarta, tanpa intervensi dari orang lain; lo mau clubbing ya clubbing, mau main bilyard ya main bilyard, sesimple itu.

Penting mana fashion atau gadget?
Gadget, karena menurut gw dengan gadget lo bisa akses apapun di mana pun, kayak kantong ajaib!

Apa sneakers favorit lo?
Hmm… susah juga nih, gw suka banget cutting-nya Nike sejak zamannya Air Jordan, dan sekarang lagi demen banget pake Vans. Tapi kalo ditanya yang paling favorit, gw pilih Nike Air Safari, gaib banget!

Punya tempat favorit buat hang out santai bareng temen lo?
Gw suka ke de Hooi Pondok Indah, tempatnya santai. Di situ gw bisa main bilyard dan nobar sepak bola.

Apa yang ada di benak lo ketika denger ‘Flagig’?
Bendera biru… haha, menurut gw Flagig adalah sebuah portal website di mana gw bisa dapet berita update kayak Angry Bird Star Wars dari situ :)

Terakhir nih, apa sih obsesi terpendam seorang Adryboim?
Gw punya koleksi jersey klub sepak bola Inter Milan dari tahun 1998 sampe tahun sekarang (2012), dan gw kepengen banget semua jersey gw ditandatanganin sama mereka. Saat ini gw udah berhasil dapetin tanda tangan anggota klub Inter Milan di dua jersey gw, sedangkan total gw punya 40 jersey. So, masih 38 biji lagi untuk ditandatanganin mereka hehehe….

Nah, untuk kamu yang masih mau tanya-tanya sama Adryboim, bisa isi komen di bawah yah. Thanks, Flagers!

Comments and 4,902 views

Dimas Andhana

Husband, Father, founder of sneakersays.com , flagig.com & Dinoiki.com

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply