Girls Around Me; Aplikasi Mobile Untuk Para Stalker

Posted by
April 5, 2012

Girls Around Me, adalah aplikasi mobile untuk device iOS yang pekan lalu dicabut dari App Store. Secara garis besar memungkinkan pengggunanya untuk mencari data tentang orang orang di sekitarnya. Aplikasi ini menuai kontroversi karena memungkinkan penggunanya untuk mengakses data pribadi seseorang tentang posisinya melalui foursquare yang kemudian dapat melihat foto foto orang tersebut melalui Facebook.

Sebenarnya aplikasi yang sempat ditempatkan pada iTunes Store awalnya meminta persetujuan para orang-orang yang menjadi sasarannya agar profil Facebook mereka dapat ditautkan. Aplikasi ini meminta izin mengakses informasi dasar seperti jenis kelamin, umur, foto, serta alamat email, dan juga izin untuk dapat tetap berjalan walaupun aplikasi ini telah ditutup, sehingga Girls Around Me dapat mengoleksi data mengenai para ‘target’nya kapanpun diperlukan.

Hal ini dianggap sangat beresiko bila pengguna Facebook atau Foursquare mengizinkan datanya diakses tanpa mengerti maksud dibalik permintaan izin tersebut. Foursquare kemudian bereaksi dengan menutup akses aplikasi ini pada Application Programming Interface (API) milik jejaring sosial itu. Artinya, aplikasi ini tidak dapat lagi beroperasi.

Pengembang aplikasi ini akhirnya menurunkan aplikasi ini dari iTunes Store, tapi mereka menyatakan hal ini karena aplikasi ini kerap mengirimkan pesan eror pada pengguna. Namun mereka tetap membela aplikasi ini, dengan mengatakan bahwa aplikasi ini didesain untuk tujuan eksplorasi geo-sosial ke tempat-tempat yang populer.

Namun apakah para pengembang aplikasi tersebut patut sepenuhnya disalahkan atau apakah mereka hanya memanfaatkan data data pribadi yang sudah tersedia akibat perilaku para pengguna smartphone yang cenderung ‘oversharing’?. Tell us what you think di comment box dibawah.

Comments and 1,568 views

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply