Earth Hour dan Spider-Man Bersatu Menyelamatkan Bumi

Posted by
February 14, 2014

Earth-Hour-Spiderman

KAMIS, 13 FEBRUARI 2014:  Pertama kali dalam sejarah, Spider-Man akan menjadi duta Super Hero pertama untuk Earth Hour, sebuah gerakan global yang dikelola oleh WWF (World Wide Fund for Nature), dengan misi utama menginspirasi individu-individu di dunia untuk menggunakan kekuatan mereka menjadi Super Hero penyelamat bumi.

Andy Ridley, CEO dan Co-Founder Earth Hour, bersama Jeff Blake, Chairman Worldwide Marketing & Distribution, Sony Pictures Entertainment, mengumumkan kemitraan antara Spider-Man dan WWF bersamaan dengan peluncuran Earth Hour Blue – sebuah platform radikal crowdfunding dan crowdsourcing digital untuk bumi. Platform ini diluncurkan guna mendorong masyarakat di seluruh dunia dan mereka yang telah mengikuti aksi mematikan lampu bersama, yang tahun ini akan dilakukan pada hari Sabtu, 29 Maret 2014 pukul 20:30 WIB.

Tahun ini, Earth Hour bersama Super Hero dari film yang paling ditunggu The Amazing Spider-Man 2 – bersama dengan para bintangnya, Andrew Garfield, Emma Stone, Jamie Foxx dan sutradara Marc Webb – mencanangkan dukungan untuk Earth Hour Blue, dengan tujuan menjaring kekuatan untuk menggalang dana bagi misi-misi pelestarian lingkungan yang dilakukan di berbagai penjuru dunia.

“Saya bangga karena Spider-Man menjadi Super Hero pertama yang dipercaya sebagai duta Earth Hour, karena dia menunjukkan bahwa kita semua bisa menjadi Super Hero apabila kita menyadari kekuatan yang kita miliki,“ kata Andrew Garfield, pemeran Spider-Man dalam film yang akan beredar dalam waktu dekat tersebut. “Earth Hour adalah gerakan yang telah menciptakan dampak luar biasa di seluruh dunia, jadi bayangkan apa yang bisa kita lakukan tahun ini dengan dukungan Spider-Man.”

Skema crowdfunding dalam platform Earth Hour Blue akan memungkinkan para pendukung membantu keluarga di Madagaskar dengan mengirimkan kompor hemat energi, memodali komunitas di Filipina untuk membangun kapal fiberglass supaya mereka mampu menghadapi dampak cuaca ekstrim seperti Topan Haiyan serta menggalang dana untuk mengembangkan dan memelihara Table Mountain  National Park di Afrika Selatan, dan masih  banyak lagi kegiatan-kegiatan lain yang akan datang.

“Earth Hour memberikanmu kekuatan untuk menginspirasi siapa saja, meski kamu hanya seorang diri, dan Earth Hour adalah lebih dari hanya satu jam. Ada banyak kegiatan luar biasa dari  komunitas, untuk bumi, yang dilakukan di seluruh dunia,” kata Emma Stone.

Sutradara The Amazing Spider-Man 2 Marc Webb adalah duta selebritas pertama yang meluncurkan kegiatan Earth Hour Blue yang dia dukung, sebuah kegiatan yang membantu WWF Rangers pelindung satwa-satwa langka Indonesia seperti Harimau Sumatera, Gajah, Badak dan Orangutan dan habitat hutan satwa-satwa ini, dengan peralatan yang lebih layak.

“Earth Hour adalah sebuah gerakan yang melibatkan banyak Super Hero – yaitu orang-orang yang menggalang kekuatan komunitas untuk menginspirasi perubahan demi kebaikan planet ini. Bayangkan kemungkinan-kemungkinan yang ada apabila kita bersatu dan melakukan lebih banyak lagi,” kata Marc Webb.

Gerakan Earth Hour telah meluas dan kini ratusan juta orang dari berbagai latar belakang yang tersebar di 7000 kota di 154 negara telah terlibat di dalam gerakan ini. Jamie Foxx, yang memerankan musuh Spider-Man dalam film The Amazing Spider-Man 2 mengatakan, “Makna Earth Hour bukan hanya sekedar mematikan lampu, melainkan masyarakat di seluruh penjuru dunia berkumpul dan bekerja sama sepanjang tahun untuk memperbaiki planet. Jangan pernah mengabaikan kekuatanmu, jangan pernah meremehkan kemampuanmu.”

Masyarakat juga bisa memanfaatkan platform crowdsourcing Earth Hour  untuk Earth Hour Blue, yang akan mengajak orang-orang memberikan suara mereka bagi kampanye-kampanye lingkungan terbesar di seluruh dunia, seperti kampanye Instagram untuk orang-orang yang ingin berbagi kepedulian mereka terhadap Great Barrier Reef di Australia, sebagai bagian dari tema kampanye “Lights Out For The Reef” yang dilakukan oleh WWF-Australia untuk Earth Hour 2014.

Selain itu, peserta gerakan Earth Hour di seluruh dunia juga akan  bisa ikut menandatangani petisi penyelamatan hiu Shark Saver bertema  “I’m FINished With FINS”, yang melibatkan selebritas dan tokoh-tokoh di kawasan Asia untuk membantu mengakhiri perburuan sirip ikan hiu di laut dan konsumsi sup sirip ikan hiu.

“Earth Hour telah meluas lebih dari apa yang pernah bayangkan sebelumnya. Tahun ini, dengan bantuan Spider-Man, kami membawa gerakan ini ke tahapan selanjutnya. Kami berharap Spider-Man dapat memberdayakan individu-individu untuk menjadi Super Hero menyelamatkan planet kita, dan menggunakan suara atau uang mereka untuk mendukung kegiatan atau kampanye di seluruh penjuru dunia. Ini soal menggalang kekuatan massa, dan inilah makna Earth Hour Blue sesungguhnya,” kata Andy dalam acara media briefing di Jakarta.

Kegiatan Earth Hour di Indonesia adalah gerakan lingkungan paling besar, yang akan melibatkan WWF Warriors dan Earth Hour City Champions untuk mendorong aksi-aksi konservasi di lapangan maupun melalui platform Earth Hour Blue yang baru.

Nyoman Iswarayoga, Communications & Advocacy Director WWF-Indonesia mengatakan, “Sejak gerakan Earth Hour pertama kali dicanangkan di Indonesia tahun 2009, tumbuhnya dukungan dari perorangan dan komunitas begitu luar biasa, apalagi untuk negara seperti negara kita. Tahun lalu saja, 31 komunitas independen Earth Hour di 31 kota terlibat menggerakkan misi Earth Hour, dan komunitas-komunitas ini telah menjadi generasi baru agen perubahan di Indonesia.”

Indonesia adalah salah satu negara Earth Hour di dunia yang paling kuat digerakkan oleh komunitas dan digital, dengan tim yang terus menerus aktif berkampanye sepanjang tahun menyerukan slogan “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”.

Sony Pictures Entertainment juga akan turut berkontribusi dalam gerakan yang dilakukan WWF-China dan kegiatan Earth Hour Blue berupa donasi kompor hemat energi untuk mencegah deforestasi di habitat Panda. Melalui upayanya, studio film yang memproduksi film The Amazing Spider-Man 2 ini akan menerima sertifikasi carbon offset Gold Standard, untuk komitmennya dalam memastikan seluruh produksi fisik film The Amazing Spider-Man 2 sampai kegiatan tur promosinya bebas karbon.

Sebagai kelanjutan dari upaya-upaya menjunjung keberlanjutan yang dijalankan selama bertahun-tahun, The Amazing Spider-Man 2 adalah produksi film paling ramah lingkungan dalam sejarah Columbia Pictures. Upaya-upaya pelestarian lingkungan seperti ini, baik di dalam maupun di luar lokasi syuting, mendapatkan dukungan di seluruh tingkatan – dari produser, eksekutif, aktor, aktris serta kru film,  sejak tahapan pra produksi.

“Spider-Man selalu menjadi Super Hero yang dekat dengan masyarakat. Peter Parker adalah seorang pahlawan dan inspirasi bagi semua orang, oleh karenanya sangat cocok apabila ia ikut bergabung dengan Earth Hour dalam memberdayakan setiap individu  untuk turut menyelamatkan planet kita,“ Jeff Blake manambahkan. “Saya juga sangat bangga bahwa The Amazing Spiderman 2 sepenuhnya bebas karbon. Kami berkomitmen untuk semaksimal mungkin sadar lingkungan selama produksi berlangsung, dan kami berusaha untuk berpikir  ‘green’ dan menghindari limbah. Kini, melengkapi proses tersebut dengan kegiatan Earth Hour Blue merupakan bukti kuat bahwa apa pun bisa kita capai jika kita semua mau bekerja sama.”

Earth Hour dan duta Super Hero Spider-Man mengingatkan kita semua bahwa “with great power comes great responsibility” – “kekuatan besar berarti tanggung jawab yang besar pula”. Oleh karena itu, mari terlibat dan gunakan kekuatan kamu di earthhour.org.

Comments and 1,395 views

Dimas Andhana

Husband, Father, founder of sneakersays.com , flagig.com & Dinoiki.com

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply