“Moana,” Kisah Putri yang Berjuang untuk Menyelamatkan Rakyatnya │ Movie Review

November 26, 2016

moana-poster-new

Kerinduan Flagers semua akan kisah putri Disney akan seger terobati di penghujung tahun 2016 ini. Disney mengajak Flagers berkenalan dengan putri dari Kepulauan Pasifik bernama Moana. Moana adalah putri tunggal dari kepala suku pulau terpencil, Chief Tui. Ia adalah gadis pemberani yang penuh rasa ingin tahu. Sejak kecil, Moana selalu penasaran dengan lautan dan bermimpi untuk menjelajahinya.

Sayang, mimpi Moana ditentang Chief Tui. Sang ayah menegaskan jika kehidupan di luar sana berbahaya. Chief Tui ingin agar Moana tetap tinggal di pulau dan menjadi pemimpin seperti dirinya. Moana tidak bisa berkata apa-apa dan menuruti keinginan ayahnya. Bertahun-tahun, Moana mempersiapkan diri sebagai pemimpin suku hingga akhirnya berhasil seperti Chief Tui.

moana_jt_2

Ketika tengah mengemban tugas baru sebagai pemimpin, Moana mendapat sebuah ujian. Ada kejadian misterius yang tidak bisa diselesaikan hanya di dalam pulau saja. Demi menyelamatkan rakyat, Moana bertekad untuk menyeberangi lautan dan menemui Maui, seorang manusia setengah dewa. Legenda mempercayai Maui sebagai solusi masalah di pulau. Berhasilkah usaha Moana?

“Moana” berkisah tentang seorang putri Disney. Tetapi, Moana menyajikan kisah berbeda dengan putri Disney lain. Film ini fokus pada perjuangan Moana menyelamatkan rakyat dan mencari jati dirinya. Tidak ada kisah cinta dengan pangeran tampan serta ciuman romantis seperti putri Disney lain. Sebagai fokus utama, karakter Moana tergambar kuat. Moana tampil mandiri dengan melakukan berbagai aktivitas hingga mengambil keputusan sendirian. Kemandirian Moana membuat karakternya terasa segar ketimbang kebanyakan putri Disney yang digambarkan tidak berdaya hingga harus mendapat pertolongan pangeran.

moana_still_h_2016

Meski mandiri, ada sisi galau dari seorang Moana sebagai gadis remaja. Penonton dibuat bersimpati melihat kebimbangan seorang Moana memikirkan takdir dan keinginannya. Kedekatan penonton dengan Moana semakin terasa berkat penjiwaan baik dari Auli’i Cravalho sebagai pengisi suara Moana.

Moana adalah bintang utama film ini, namun bukan berarti karakter lain jadi terpinggirkan. Dwayne ‘The Rock’ Johnson sukses mengisi suara karakter Maui yang terlalu percaya diri dan haus pujian. Penonton kerap dibuat tertawa oleh kelucuannya dan terkejut dengan vokalnya yang ternyata cukup bagus. Chemistry Dwayne ‘The Rock’ Johnson dan Auli’i Cravalho sebagai partner-in-crime juga asyik. Kemudian karakter lain yang mencuri perhatian adalah Heihei, ayam peliharaan Moana yang kerap bertingkah aneh.

hero_moana-2016-2

Film Moana bertambah menarik dengan visualisasi indah arahan sutradara Ron Clements dan Don Hall. Hamparan biru laut, tumbuhan bahkan rambut keriting Moana terasa begitu nyata. Selain itu, gubahan musik dari Lin-Manuel Miranda, penggagas pertunjukan Broadway ‘Hamilton’ yang tengah populer, juga membuat film semakin semarak. Ada nuansa magis khas film Disney ketika lagu ‘We Know The Way’ diperdengarkan sebagai pelengkap kisah legenda pulau.

Comments and 509 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply