“Maze Runner: Scorch Trials,” Upaya Meloloskan Diri dari Teror Zombie Gurun │ Movie Review

September 12, 2015

Maze Runner Scorch Trials OGN Cover

Film Zombie kembali menghantui belantika Hollywood. Namun kali ini bukan si cantik Milla Jovovich yang akan melawan mereka, melainkan Dylan O’Brien yang memerankan Thomas dalam film sekuel “The Maze Runner,” yakni Scorch Trials. Melanjutkan langsung dari film pertama, Thomas (Dylan O’Brien) bersama teman-teman “Gladers” berhasil membebaskan diri dari labirin yang dirancang oleh organisasi misterius WCKD untuk menyeleksi anak muda yang punya gen imun terhadap virus “Flare”. Mereka dibawa oleh sekelompok orang ke sebuah unit paramiliter yang dipimpin oleh Janson (Aidan Gillen). Disini terungkap bahwa Glade bukanlah satu-satunya labirin, masih ada banyak labirin dengan banyak remaja pula.

Unit ini merupakan bunker yang ditujukan untuk melindungi diri dari dunia luar yang sudah rusak akibat badai matahari serta serangan dari “Cranks”, manusia yang terkena virus dengan gejala mirip zombi. Mendapat fasilitas yang memadai, Gladers dengan nyaman tinggal disana meski antek Janson melakukan kegiatan yang mencurigakan terhadap beberapa remaja disana. Tak lama, Thomas bersama teman barunya, Aris (Jacob Lofland) membuktikan kecurigaan ini. Melalui sebuah aksi pelarian yang menegangkan, Thomas dkk berhasil melarikan diri ke dunia luar.

maze-runner

Disebut dengan julukan “Scorch,” bumi taklah seindah bayangan mereka. Disini tata produksi yang mengagumkan langsung berbicara. Gedung-gedung bertingkat yang usang dan roboh, sebagian besar daratan yang tertutupi gurun, semua set dibangun dengan imajinatif meski sebenarnya tak terlalu orisinal. Dibebani peran sebagai “pemimpin,” Thomas harus mengarahkan teman-temannya menuju kelompok penolong The Right Arm. Namun perjalanan Thomas tidak semudah itu, pasalnya mereka dihalangi oleh ilmuwan jahat yang ingin menjadikan mereka sebagai kelinci percobaan. Selain Thomas, karakter yang memiliki sisi kepemimpinan adalah Minho (Ki Hong Lee). Berdua, mereka memimpin teman-temannya untuk melawan Cranks dan para ilmuwan dari WICKED. Berbeda dari film sebelumnya, kali ini permasalahannya semakin rumit, mereka dihadapkan dengan “musuh “internal” yang menghalangi usaha Thomas untuk menegakkan kebenaran.

Di satu adegan, Thomas sempat berujar, “Aku lelah berlari”. Tentu saja, karena memang di film ini tugas utama mereka hanya berlari. Bukan kiasan. Mereka berlari dari zombi, badai petir, dan sejujurnya, keseluruhan film ini adalah sekuens pelarian yang panjang dari kejaran WCKD. Mirip seperti tipikal adaptasi YA lainnya, Thomas pergi ke tempat baru, bertemu rekan baru, dengan semesta film yang terus berekspansi, yang disini terkesan repetitif.

crank

Secara keseluruhan, film ini akan menjadi tontonan menarik bagi pecinta film post-apocalypse. Adegan-adegan yang menegangkan dan memacu adrenalin disuguhkan oleh film yang diadaptasi dari novel karangan James Dashner ini. Adegan-adegan yang menegangkan itu diiringi musik berirama dinamis yang memacu detak jantung penontonnya. Selain beberapa karakter yang sudah familiar seperti Minho (Ki Hong Lee), Teresa (Kaya Scodelario), dan Newt (Thomas Brodie-Sangster), ada banyak karakter baru yang diperkenalkan, diantaranya Jorge (Giancarlo Esposito) dan anak tirinya, Brenda (Roza Salazar) yang memimpin geng jalanan tak bernama — atau punya nama, entahlah saya lupa — serta kelompok pemberontak Right Arm yang dipimpin Vince (Barry Pepper).

the-maze-runner-scorch-trials

Film “Maze Runner: The Scorch Trials” mengalami sindrom film kedua yang punya tendensi “menggantung”, bukan menjadi basis cerita dan juga bukan penyelesaian konflik. Masih ada banyak misteri yang tak terjawab yang mudah-mudahan sengaja disimpan untuk diungkap di film terakhirnya, The Death Cure yang baru akan tayang di awal 2017 — yang untungnya tidak dibagi menjadi dua bagian. Untuk Flagers yang sudah penasaran dengan filmnya, langsung saja tonton di bioskop-bioskop kesayangan kalian ya!

Comments and 1,723 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply