“Captain Phillips” Film Yang Mengguncang Emosi! – Movie Review

Posted by
October 11, 2013

captain-phillips-poster02

Tom Hanks kembali dengan penampilan akting yang prima! Captain Phillips akan tercatat sebagai salah satu tinta emas dalam goresan panjang dari karir sang bintang peraih 2 Oscar yang brillian ini. Tidak hanya menegangkan, Captain Phillips juga akan mengguncang sisi emosional kita. Pujian tidak hanya layak untuk diajukan kepada Tom Hanks, sutradara Paul Greengrass yang telah sukses menangani trilogi “Bourne” juga menunjukkan kelasnya. Captain Phillips sungguh menjadi sebuah film yang tidak boleh dilewatkan.

Richard Phillips adalah adalah seorang kapten berpengalaman yang mendapatkan tugas untuk berlayar dan memimpin sebuah kapal kargo yang melintasi perairan Afrika di sekitar pesisir Somalia. Ketika menjalankan tugas rutinnya, secara tiba-tiba, kapal kargo Maersk Alabama pimpinan Phillips yang membawa bahan makanan dan sumbangan untuk rakyat miskin Afrika, terancam dibajak oleh para perompak. Perompak yang berasal dari Somalia tersebut, terus berusaha untuk membajak kapal Maersk Alabama, walaupun telah gagal dalam usaha pertama mereka. Namun, pembajak yang dipimpin oleh Abduwali Abdukhadir Muse berhasil menjalankan misi mereka untuk mengambil alih kapal tersebut.

Kapten Phillips dan seluruh awak kapalnya dikejutkan dengan peristiwa ini. Nyawa seluruh penumpang kapal terancam, karena para pembajak dengan bengisnya menyatakan bahwa mereka tidak takut untuk membunuh siapapun yang berani melawan. Apa yang akan terjadi pada awak Maersk Alabama? Mampukah Kapten Phillips menyelamatkan dirinya dan juga semua penumpang kapal tersebut?

captain-phillips04

Captain Phillips” yang naskahnya ditulis oleh Billy Ray berdasarkan sebuah novel berjudul “A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea ini, adalah kisah nyata pengalaman hidup Kapten Richard Phillips pada tahun 2009. Bersama Stephan Talty, Richard Phillips juga merupakan penulis buku yang menjadi inspirasi dalam film ini. Pembangunan plot cerita dalam film “Captain Phillips” terasa sangat menegangkan. Kita akan diajak untuk terpaku di kursi bioskop dan merasakan sebuah intensitas dari proses peristiwa pembajakan yang terjadi.

Paul Greengrass dengan cerdas menampilkan gaya sinematografi yang realistis melalui sudut-sudut gambar efektif dan pergantian sekuens yang cepat. Kemampuan Greengras dalam mengangkat kualitas akting dari para aktor di film ini juga layak dipuji. Selain Tom Hanks, tidak ada nama besar yang menjadi pemeran di “Captain Phillips.” Bahkan, nama-nama baru yang memerankan karakter para pembajak di film ini adalah yang membantu Tom Hanks dalam mempertunjukkan kemampuan maksimal dari aktingnya. Karakter antagonis yang paling mencuri perhatian adalah Abduwali Abdukhadir Muse yang diperankan oleh Barkhat Abdi. Barkhat merupakan seorang pengungsi dari Somalia sebelum akhirnya menjadi salah satu aktor di film ini.

captain-phillips06

Film “Captain Phillips” juga sekaligus mengingatkan kita kembali akan kualitas akting dari seorang Tom Hanks. Penampilan emosional Hanks dalam film ini, akan membuat penonton merasa tersentuh, bahkan menitikkan air mata. Tom Hanks berhasil membuat sosok Richard Phillips menjadi seorang yang tegas, tangguh, tegar, namun sekaligus rapuh. Kita akan iba dan sekaligus terkoneksi dengan perasaan yang dialami oleh sang kapten. Saya akan menjadi orang pertama yang akan merasa kecewa jika Tom Hanks tidak masuk dalam jajaran nominasi aktor terbaik Academy Awards 2014. Bahkan, Ia juga layak memenangkan penghargaan tersebut untuk ketiga kalinya melalui penampilan dalam ”Captain Phillips.”

Adegan terbaik dari “Captain Phillips” tersimpan di bagian akhir film. Bersiaplah untuk menangis, sedih, dan sekaligus terharu. Karena emosi kita akan diguncang oleh penampilan istimewa dari Tom Hanks. Sebuah standing appaluse layak disandingkan untuk “Captain Phillips.” Film ini, selamanya akan berdiri sebagai salah satu film yang tak terlupakan dari tahun 2013.

Supported By: Sony Pictures

Comments and 5,277 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply