“Ip Man 3,” Perebutan Gelar Guru Besar Wing Chun hingga Berduel dengan Petinju Dunia │ Movie Review

December 23, 2015

Ip-Man-3_ePoster-768x1280-Teaser-OL-01

Kisah mengenai Ip Man, grand master bela diri Wing Chun, dan juga merupakan guru dari Bruce Lee, sudah banyak diketahui oleh masyarakat lewat film Ip Man di tahun 2008 lalu. Saat itu, film tersebut menghadirkan Donnie Yen sebagai pemeran sang tokoh Ip Man. Laris manis, Ip Man diteruskan dengan Ip Man 2 yang diluncurkan pada tahun 2010. Kini, 5 tahun berselang, penantian para penggemar film untuk melihat aksi Yen menghadirkan gerakan-gerakan Wing Chun akan terbayar dengan kehadiran Ip Man 3.

Kisah Ip Man 3 mengambil setting cerita pada tahun 1959 di Hong Kong, dimana Ip Man menjalani hidup sederhana dan damai bersama istrinya, Cheung Wing-Sing dan anak keduanya Ip Ching. Adapun Ip Chun, anak pertamanya diceritakan sedang menuntut ilmu ke Fushan, Tiongkok.

Ip-Man-3-Donnie-Yen

Kehidupannya berjalan lancar hingga suatu hari saat Ip Man menjemput Ip Ching pulang sekolah. Ia mendapati geng preman yang dipimpin oleh Ma King Sang mengancam paksa kepala sekolah dasar tempat Ip Ching bersekolah untuk menjual bangunan sekolah kepada Frank (Mike Tyson), seorang pemilik arena tarung jalanan sekaligus pebisnis properti.

Ia tidak tinggal diam melihat kejadian tersebut. Ip Man menghentikan kejadian itu hingga Ma King Sang dendam kepadanya dan melaporkannya kepada Frank. Ip Man bersama murid-murid perguruannya pun setiap hari bergantian melindungi sekolah agar tidak diruntuhkan oleh anak buah suruhan Frank.

thumb_ExclusiveTeaser_3IPMan_Video

Dari kejadian ini pula ia mengenal Cheung Tin Chi, ayah dari salah satu teman sekolah Ip Ching yang ternyata merupakan jagoan Wing Chun. Cheung Tin Chi membantunya untuk menghentikan ulah geng preman tersebut. Namun, setelah kejadian itu, hanya Ip Man lah yang dianggap sebagai pahlawan dan semakin dihormati oleh masyarakat setempat. Cheung Tin Chi pun iri dan menjadi berambisi untuk mengalahkan Ip Man. Ia juga menantang Ip Man di depan publik untuk berduel membuktikan siapa yang terbaik.

Permasalahan tak berhenti sampai situ. Di tengah kegaduhan tersebut, Ip Man mendapati istrinya terkena kanker yang tidak dapat disembuhkan. Siapakah yang akan menjadi pahlawan sesungguhnya? Ip Man atau Cheung Tin Chi?

ipman3_4

Tidak ada yang diragukan dari aksi film ini, dari awal hingga akhir dipenuhi oleh gerakan-gerakan indah dari ilmu bela diri asal China tersebut. Cara pengambilan gambar dan efek suara seperti suara pedang yang saling beradu membuat aksi film ini semakin nyata. Dalam film ini juga, Ip Man lebih berkontemplasi terhadap hidupnya. Tidak hanya beraksi namun terkadang film ini juga diselipkan cerita lucu, drama, maupun adegan romantis.

11816952_10153550368449174_5865302299110702292_n

Film “Ip Man 3” disutradarai oleh Wilson Yip, dan diperankan oleh Donnie Yen sebagai Ip Man, Zhang Jin sebagai Cheung Tin Chi, Mike Tyson sebagai Frank, Lynn Hung sebagai Cheung Wing Sing, Patrick Tam sebagai Ma King Sang, dan ada juga Danny Chan sebagai Bruce Lee. Film ini akan mulai tayang perdana di Hong Kong besok, 24 Desember 2015. Sedangkan di Amerika Serikat akan dirilis pada Januari 2016 mendatang.

Comments and 2,485 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply