Insidious: Chapter 2, Menguak Misteri Dibalik Roh Gentayangan

Posted by
September 21, 2013

Insidious 2

Setelah berhasil menakuti jutaan penonton di seluruh dunia, dan menjadi box office hit, kisah “Insidious” kembali dilanjutkan dengan sekuelnya “Insidious: Chapter 2.” Film ini kembali ditangani oleh sutradara James Wan yang karirnya semakin melesat dengan kesuksesan “Saw,” “Insidious,” dan juga “The Conjuring.” Para pemeran utama dalam seri pertamanya, seperti: Patrick Wilson, Rose Byrne, Barbara Hershey, Lin Shaye, dan Ty Simpkins  juga masih tampil. Dengan formulasi yang tidak meleset dengan film aslinya, “Insidious: Chapter 2” akan kembali menghantui jutaan penonton di seluruh di dunia.

Mengambil setting waktu yang tidak terlalu jauh dari “Insidious,” dalam “Insidious: Chapter 2” dikisahkan bahwa keluarga Lambert, masih terguncang dengan peristiwa misterius yang sempat mengakibatkan Dalton Lambert, sang anak, koma selama beberapa waktu. Meskipun berhasil menyelamatkan Dalton, peristiwa tersebut telah memakan korban seorang paranormal bernama Elise Reinier. Namun, keluarga Lambert akhirnya kembali menjadi satu keluarga utuh. Sang Ibu, Renai Lambert berusaha keras untuk melanjutkan kehidupan normal, tetapi munculnya kembali sosok arwah yang mengerikan, membuat dirinya merasa bahwa keluarganya masih terancam bahaya.

Semakin lama, sosok wanita tua yang mengerikan justru semakin tampak nyata, bahkan juga menyakiti fisik Renai. Setelah beberapa peristiwa mengerikan tersebut, Renai berusaha meyakinkan Josh Lambert, sang suami bahwa mereka masih belum bebas dari gengaman arwah gentayangan. Bukannya mendukung Renai, Josh justru menampik semua cerita yang disampaikan istrinya. Lorraine Lambert, Ibu kandung Josh juga turut mengalami penampakan. Hal ini, membawa Lorraine untuk kembali meminta bantuan dari 2 mantan asisten almarhum paranormal Elise Reinier. Apakah mereka akan mampu menguak misteri dibalik munculnya kembali para arwah gentayangan dan sekaligus membantu keluarga Lambert?

1166115 - Insidious: Chapter 2

Berbeda dengan “Insidious” yang hanya menampilkan momen-momen penampakan arwah yang mengejutkan, “Insidious: Chapter 2” juga banyak mengambil sisi investigasi dibalik peristiwa dan sejarah kemunculan arwah misterius yang mengganggu keluarga Lambert. Film ini dibuka dengan adegan flashback yang memilki peran penting dalam membangun penutup cerita. “Insidious: Chapter 2” tidak hanya berdiri sebagai film Horror murni, karena ceritanya mengandung unsur thriller dan drama keluarga. Beberapa plot maju mundur yang ditampilkan juga berhasil mengaitkan hubungan cerita antara “Insidious” dengan “Insidious: Chapter 2.” Hal ini tentunya tidak lepas dari kejasama sutradara James Wan dengan penulis naskah Leigh Whannell yang merupakan tim asli yang menciptakan “Insidious.”

Akting dari 2 bintang utama film ini, Rose Byrne dan Patrick Wilson juga berhasil membuat “Insidious: Chapter 2” semakin mencekam. Karakter Renai Lambert, seorang Ibu rumah tangga yang sangat mencintai keluarganya namun memiliki dilema dibalik firasat buruknya mampu dihidupkan dengan sangat meyakinkan oleh Rose. Sedangkan Patrick Wilson juga mampu dengan dramatis mengubah sosok ayah yang tenang dan bertanggung jawab di film “Insidious” menjadi seorang ayah yang misterius dan merasa tak berdaya terhadap kekuatan yang menggangu keluarganya dalam “Insidious: Chapter 2.”

1166115 - Insidious: Chapter 2

Beberapa adegan dalam film ini akan membuat bulu kuduk kita berdiri dan sekaligus berteriak keras karena terkejut. Pembangunan nuansa mencekam dalam “Insidious: Chapter 2” tidak sedalam “Insidious” karena film ini memang lebih diarahkan sebagai kisah thriller investigatif. Tetapi, jangan berharap film ini akan memberikan kelonggaran dalam urusan menakuti penonton. “Insidious: Chapter 2” juga masih mempertahankan tradisi dengan menyelipkan beberapa humor kecil untuk sedikit menurunkan tensi ketegangannya.

2013 tampaknya menjadi tahun yang cukup solid untuk film Horror. “Mama,” “The Purge,” “The Conjuring,” adalahan beberapa contoh film Horror yang berhasil meraih keuntungan besar dalam penjualan tiketnya. Biaya prduksi yang kecil juga membuat sebagian besar film Horror di tahun 2013 sukses secara luar biasa. Kini, “Insidious: Chapter 2” kembali mengikuti jejak tersebut. Terbukti pada minggu pertama rilisnya di Amerika Serikat, film ini berhasil meraih lebih dari US $40 Juta, dengan biaya pembuatan yang tidak mencapai setengah dari penghasilan tersebut. Ingin berteriak dan ditakut-takuti di dalam bioskop? “Insidious: Chapter 2” adalah pilihan flm Horror yang tepat!

Comments and 13,706 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply