Dibalik Desain Produksi Film “Robocop”

Posted by
February 5, 2014

Joel Kinnaman

Salah satu elemen terpenting dalam film “Robocop” adalah Desain Produksinya. Martin Whist merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam menghidupkan tampilan futuristik dari desain produksi film ini. Sebagai Production Designer film “Robocop,” Martin tidak hanya berurusan dengan setting dari film, tetapi juga aspek penting lainnya seperti desain kostum “Robocop,” berbagai motor dan mobil, senjata, hinga efek visual dari robot ED-209 dan EM-208. Hal ini adalah pertama kalinya Martin Whist terlibat dalam mendesain berbagai elemen yang kemudian akan disatukan oleh efek visual.

Dalam mendesain kostum “Robocop,” Whist menyatakan kalau kostum kedua yang berwarna hitam, adalah kostum yang paling menyita perhatian para desainernya. “Kostum kedua Robocop yang berwarna hitam, lebih mulus secara desain, dipikirkan secara matang, lebih agresif dan sekaligus elegan.” Ungkap Martin. Untuk membuat kostum fisik “Robocop,” Whist bekerja dengan tim di Legacy Effects, salah satu sumber terbaik Hollywood dalam mewujudkan visi menjadi bentuk nyata. Sebelumnya, Legacy Effects juga pernah membuat kostum “Iron Man.”

Robocop memiliki dua senjata utama, sebuah alat kejut listrik dari bagian pahanya, dan pistol yang dikeluarkan dari bagian lengan bawahnya. Mulai dari unsur mekanik, cara bekerja, dan juga bentuk fisik dari kedua senjata ini, menjadi perhatian khusus bagi Martin Whist. Selain ingin membuat “Robocop” terlihat lebih keren, Whist juga memikirkan secara khusus mengenai logika dan cara bekerja dari dua senjata tersebut.

Joel Kinnaman;Gary Oldman;Aimee Garcia

Martin Whist juga membuat desain 2 robot lain dalam film “Robocop,” yaitu ED-209 dan EM-208. Untuk robot ED-209 Whist membuatnya serupa dengan versi asli, tetapi tetap terlihat lebih modern. Sementara EM-208 adalah sebuah robot baru dalam film ini. Jika ED-209 bertugas seperti tank, maka EM-208 akan lebih ringan dan lincah.

Martin Whist memilih untuk mengambil arah yang baru dalam desain sepeda motor “Robocop.” Kendaraan sang polisi robot ini mengambil sumber dari motor Kawasaki 1000. Tim desain membuat modifikasi yang cukup besar dalam membentuknya. Selain membuat modifikasi dari bentuk bingkainya, dan memperpanjang basis untuk roda, motor terbaru Robocop akan terlihat lebih panjang dari motor normal. Hal ini akan membuat Robocop dalam posisi membungkuk dan terlihat seperti Ia akan siap melakukan serangan.

Bangunan fisik dan juga bangunan yang dibentuk dari CGI dari semua setting di film Robocop juga merupakan bagian dari tanggung jawab Martin Whist. Semua bagian dari set produksi film ini, telah dipikirkan secara matang oleh Martin dan dieksekusi bersama timnya untuk memenuhi kepuasan penonton. Kerja keras dari Martin Whist tentu akan dapat disaksikan langsung pada saat Robocop tayang di bioskop mulai dari 12 Februari 2014.

Comments and 3,521 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply