Mayer Hawthorne Brings Soul to Java Jazz

Posted by
March 4, 2012

Java Jazz tidak hanya sekedar memberikan hiburan bagi penggemar musik Jazz semata, tahun ini mereka juga memberikan kado istimewa bagi penikmat musik soul dengan menghadirkan Mayer Hawthorne. Sebenarnya musik Hawthorne masih tersentuh dengan unsur Jazz, tetapi musisi asal Detroit ini lebih dikenal dengan gaya soul-nya. Tampil tepat setelah Dave Koz menghibur panggung Hall A2 JIExpo, tidak memberikan beban apapun bagi Mayer Hawthorne. Dengan santainya berbagai single-sinle hits Hawthorne dihadirkan, dan langsung disambut histeria Fansnya yang ternyata jumlahnya sangat besar dan fanatik. Sepanjang show berlangsung, sebagian penonton terdengar dengan lancar melafalkan lirik-lirik lagu Hawthorne.

Berbagai lagu dan juga hits dari 2 album Mayer Hawthorne, “A Strange Arrangement” dan “How Do You Do” terus meluncur dengan sangat Indah seperti “A Long Time”, “Hooked”, “No Strings”, “I wish It Would Rain”, “Dreaming”, “Your Easy Lovin Ain’t Pleasin Nothin”, dan masih banyak lagi. Bahkan single lama Hall & Oates, “You’re Making My Dreams Come True” juga menjadi bagian dari setlistnya. Tetapi, sambutan paling meriah diberikan oleh penonton untuk lagu “The Walk”. Mayer Hawthorne yang sejak tahun 2010 lalu sudah resmi bergabung dengan lable Universal Republic berhasil memberikan suatu “gigs” yang terasa berbeda dengan musisi-musisi lain yang tampil di JJF 2012. Selain “sense of humor” yang sangat sempurnya dalam “timing”, komunikasi dengan penonton juga terasa mengalir secara alami. Tetapi, yang paling menarik adalah kemampuan Hawthorne dalam membangun suasana “retro” melalui perpaduan “performance” musik yang sangat indah dari band-nya The County dan juga pembagian harmonisasi vocal ala Motown. Sepanjang pertunjukkan berlangsung, tubuh rasanya tidak bisa sedikitpun terdiam, keinginan untuk bergoyang ala tahun 50-an mengikuti musik “Do Wop” dari Mayer tidak bisa dihentikan. Bahkan, sebagian penonton yang belum familiar dengan musik Hawthrone dapat menikmati “show” yang terbilang cukup singkat itu. Jika ada 1 permintaan yang andai saja dapat diwujudkan untuk menambah keindahan dari pertunjukkan tersebut adalah Brass Section yang pasti dapat membuatnya lebih hidup.

Highlights utama dari pertunjukkan Mayer Hawthorne and The County di JJF 2012 adalah pameran vocal dari Hawthrone sendiri yang terdengar sangat indah saat disajikan live. Bahkan, suara sengau khasnya yang terdengar seperti orang bangun tidur tersebut mengingatkan pada Elvis Costello dengan gaya yang lebih “edgy”, “it’s so unique and beautiful”. Beberapa penonton menggambarkan pertunjukkan Mayer Hawthorne sebagai, “a show that made me felt Eargasm & Eyegasm at the same time”. Semua penonton keluar dari show Mayer Hawthorne dengan wajah yang dihasi senyum lebar. Penampilan yang menyenangkan, sangat menghibur dan sekaligus menghipnotis. Seperti yang dikatakan oleh Mayer Hawthrone sendiri, “FUN IS NUMBER 1!” “Let’s hope that Mayer will come to Indonesia again and bring more of his great swag to our stage.”

Photos courtesy of mayerhawthorne & an99ik

Comments and 2,925 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

COMMENT

Leave a Reply