Keindahan Simplisitas Bermusik dari HiVi (Review Album: Say Hi! To HiVi)

Posted by
March 6, 2012

Di tengah hingar bingar musik uptempo dan elektronika yang banyak diisi oleh vokal auto tune, muncul kerinduan yang mendalam akan musik-musik sederhana yang ringan dengan harmonisasi vokal yang murni. Setelah dijelajali nada-nada yang menghentak, kini muncul sebuah sajian musik ringan dan sederhana dari 4 anak muda berbakat, HiVi. Melalui album perdana mereka yang diberi judul Say hi! To HiVi, mereka seakan ingin membuktikan bahwa musik tidak harus terdengar rumit. Keindahan justru muncul lewat lagu-lagu yang disajikan dengan sederhana namun tetap memiliki unsur komersial yang tinggi.

Dibuka dengan sebuah Intro yang disajikan secara akustik, cukup memberikan gambaran singkat ke mana arah album ini akan membawa pendengarnya. Langsung dilanjutkan dengan Lihatlah Dunia, sebuah lagu dengan pesan lirik yang positif. “Lihatlah dunia dengan matamu, lihatlah lebih jauh, kelak kau kan menemukan jalanmu, kutahu itupun tak akan mudah, jadi berusahalah.” Memberikan inspirasi melalui musik adalah hal yang sangat langka ditengah ramainya lirik-lirik lagu yang menghadirkan tema-tema seks dan pesta.

Track no.3 yang juga merupakan single perdana HiVi, Indahnya Dirimu adalah sebuah perkenalan yang pas dengan HiVi. Pembagian harmonisasi vokal dan beat musik yang sangat 90-an agak mengingatkan kita pada masa kejayaan The Groove dengan sentuhan RAN, Kahitna dan Maliq N D’Essentials. Keistimewaan dari HiVi yang beranggotakan Ezra, Ilham, Febri, dan Dea, adalah semua personilnya mampu bernyanyi, sehingga tidak sedikitpun pembagian vokal di dalam album ini terasa membosankan. Tema cinta masih menjadi benang merah utama dari album ini, selain Indahnya Dirimu, lagu-lagu seperti Curi-Curi, Selalu di hati, Mata Ke Hati dan Khayalan juga mengusung tema yang sama. Semua personil HiVi yang masih berusia 20-an tahun ini juga ingin menunjukkan bahwa mereka bukan sekedar pembawa tembang-tembang yang ditulis oleh musisi lain. Terbukti sebagian lagu-lagu di album ini adalah hasil karya mereka sendiri.

Satu tembang yang sangat berpotensi menjadi hits besar adalah lagu apik yang galau tetapi manis karya Nino RAN berjudul Orang Ke 3. Penyajiannya secara akustik, dipadu dengan lirik yang cukup menyentuh, dapat membuat siapapun merasa klik dengan lagu ini. Sebuah single dengan lirik berbahasa Inggris tentang persahabatan, Dear Friend seakan menjadi simbol dari kedekatan 4 personil HiVi secara personal. Album Say hi! To HiVi ditutup dengan Khayalan, sebuah remake dari lagu sukses milik The Groove.

HiVi yang hadir dengan sebuah konsep musik yang sederhana, terasa sangat menyegarkan. Meskipun belum 100% sempurna, album perdana yang ringan ini tentunya dapat diterima dengan mudah oleh penikmat musik di Indonesia. Para Hi Friends (Sebutan untuk fans HiVi) juga akan segera bertambah dengan sangat pesat, terutama para ABG yang tergila-gila dengan wajah fotogenic personilnya. Tetapi, HiVi bukan hanya sekedar penyanyi dengan modal tampang saja, mereka hadir dengan kemampuan musikalitas yang baik dan akan semakin berkembang dengan bertambahnya jam terbang di panggung. Potensi yang tinggi dari musisi-musisi muda Indonesia ini jangan dilewatkan begitu saja. Rasanya layak bagi kita untuk menyambut kehadiran HiVi dengan penuh antusias. Let’s Say hi! to HiVi

Comments and 5,417 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

COMMENT

Leave a Reply