Dugaan Plagiat, Ed Sheeran Dituntut Rp 264 Miliar untuk Single “Photograph”

June 12, 2016

640_Ed_Sheeran_454097276

Kabar yang sangat mengejutkan datang dari penyanyi Ed Sheeran. Beberapa waktu lalu, Ed Sheeran terpaksa berhadapan dengan hukum usai lagunya yang bertajuk “Photograph” dituding merupakan hasil plagiat.
Lagu “Photograph” milik Ed Sheeran yang dirilis pada 2014 lalu tersebut diklaim menjiplak nada demi nada dari single “Amazing” karya musisi Martin Harrington dan Thomas Leonard.

Single “Amazing” sendiri sebelumnya telah dirilis oleh jawara “X Factor,” Matt Cardle 6 tahun lalu. Dilansir dari NBC News, penggugat yang sekaligus pencipta lagu, Martin Harrington menyebut Ed Sheeran telah mengeksploitasi dan tidak memberikan kredit (royalti). Padahal, Ed sebagai musisi profesional dinilai tentu tahu mengenai hak cipta.

Atas kasus tersebut, pelantun single “Thinking Out Loud” itu pun diharuskan membayar tuntutan sebesar USD 20 juta atau sekitar Rp 264 miliar. Di sisi lain, single “Photograph” sendiri merupakan salah satu karya Ed Sheeran yang meledak di pasar musik dunia. Lagu tersebut bahkan menjadi soundtrack sebuah film berjudul “Me Before You.”
Flagers yang penasaran, coba dengarkan perbandingan kedua lagu tersebut, berikut ini:

Comments and 619 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply