Benarkah Single “Drag Me Down” One Direction Menjiplak “True Colors” Milik Zedd

August 29, 2015

zedd-slams-one-direction-for-plagarizing-drag-me-down-song-ftr

Belum lama ini, Boyband asal Inggris, One Direction baru saja meluncurkan video musik teranyarnya yaitu “Drag Me Down.” Lagu yang langsung merajai chart di beberapa negara ini merupakan karya terakhir Harry Styles cs sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk vakum. Namun, kabar tidak menyenangkan datang menghampiri grup tersebut. DJ ternama Zedd menuduh lagu “Drag Me Down” menjiplak lagunya yang berjudul “True Colors.”

Isu penjiplakan ini bermula dari kicauan Twitter Zedd yang mengindikasikan adanya kemiripan lagu 1D dengan salah satu karyanya. Ia menampilkan video singkat berdurasi 10 detik yang membandingkan Drag Me Down dan True Colors. Jika didengar dengan seksama memang ada sedikit kesamaan antara kedua lagu tersebut. Terutama pada bagian lirik “all my life”. Baik dalam “Drag Me Down” ataupun “True Colors”, lirik tersebut dinyanyikan dengan cara yang hampir sama.

Banyak yg beranggapan jika Zedd terlalu berlebihan karena menunduh One Direction menjiplak hanya karena tiga kata saja. Namun, ada juga yang menyetujui pendapat DJ asal Rusia itu. Lantas apakah kemiripan tersebut sudah masuk kategori plagiarisme? Bisa iya bisa tidak. Ada ketentuan yang menyebut jika karya dinyatakan menjiplak jika kemiripannya mencapai 8 bar. Namun ada juga yang menyebut karya disebut menyontek jika meniru part yang substansial, atau bagian lagu yang penting. Memangnya semirip apa Drag Me Down dengan lagu milik Zedd berjudul True Colors? Kalau Flagers penasaran, silahkan dengarkan dan bandingkan kedua lagu tersebut ya.

Comments and 1,234 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply