16 Jurusan Kuliah dengan Gaji Awal Paling Tinggi di Dunia, Apakah Salah Satunya Jurusanmu?

July 3, 2017

Siapa sih dari kalian yang tidak mau mendapat pekerjaan dengan gaji besar selepas kuliah. Nah, jika Flagers juga salah satunya maka pastikan saat nanti akan kuliah pilihlah jurusan yang berpotensi cepat dapat kerja dengan gaji awal paling tinggi. Mau tahu apa saja jurusan yang dimaksud? Yuk berikut Flagig bagikan beberapa jurusan yang memiliki gaji awal paling tinggi di dunia yang dikutip kutip dari riset PayScale.com dan idntimes.

1. Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik pertambangan, yang mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya.

2. Teknik Kimia

Teknik kimia mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi.

3. Teknik Industri

Ilmu teknik ini berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses.

4. Teknik Nuklir

Bidang keteknikan ini mencakup perancangan, pengembangan, percobaan, operasi dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, khususnya reaktor nuklir, PLTN dan senjata nuklir.

5. Teknik Mesin

Teknisi mesin atau mekanik adalah mereka yang mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.

6. Teknik Komputer

Adalah suatu disiplin khusus yang mengombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi yang berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh.

7. Teknik Listrik atau Elektro

Teknik listrik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

8. Teknik Kedirgantaraan atau Penerbangan

Teknik kedirgantaraan adalah teknik yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa.

9. Teknik Informatika

Jurusan ini merupakan disiplin yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

10. Teknik Software (Perangkat Lunak)

Ini adalah bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

11. Teknik Biomedis

Bidang ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur dengan ilmu medis dan ilmu biologi di bidang kedokteran, seperti diagnosa, pengawasan, dan terapi.

12. Fisika

Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

13. Teknik Arsitektur

Teknik ini adalah penerapan prinsip dan teknologi untuk perancangan dan konstruksi bangunan.

14. Sistem Informasi Bisnis

Fokus program ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa dan semangat technopreneur serta kompeten melakukan analisa, desain, dan implementasi sistem informasi pada perusahaan bisnis, baik dagang, ataupun jasa.

15. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kehidupan manusia.

16. Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

Bagaimana? Apa Flagers berniat memasuki jurusan-jurusan di atas?

Source: idntimes.com

Comments and 981 views

Dimas Andra Saputra

Your Future Engineer │ Model United Nations │ Entertainment World

Related Posts

COMMENT

Comments Closed