White House Down – A Fun Summer Escapist Pop Corn Movie

Posted by
June 26, 2013

white-house-down-poster04

Masa liburan musim panas di Amerika Serikat, adalah waktu yang menyenangkan bagi penggemar film. Karena, hampir setiap minggu, bioskop selalu saja menyajikan paling tidak 2 film dari studio-studio besar Hollywood. Setelah paruh awal musim panas dikuasai oleh film Superhero, Sci-Fi, hingga adu balap mobil. Kali ini, kita akan dihibur dengan sebuah film action orisinil yang bukan berasal dari franchise, White House Down. Meskipun film dari Columbia Pictures ini bukanlah karya pertama yang menghadirkan tema penyerangan White House, tetapi sudut pandangnya menghadirkan sesuatu yang tidak sama.

Channing Tatum berperan sebagai  John Cale, seorang polisi yang mencoba untuk melamar menjadi agen khusus gedung putih. Pada hari wawancara kerja di gedung putih, John juga mengajak sang putri, Emily Cale. Setelah mengetahui bahwa Ia gagal untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, John terpaksa harus ikut serta dalam tur wisata gedung putih. Emily yang merupakan penggemar sejarah Amerika Serikat, ternyata memaksa sang Ayah agar mereka mengikuti tur tersebut.

white-house-down-image04

Di tengah wisata mereka, terjadi suatu hal yang tidak terduga. Sekelompok orang berusaha untuk menyerang gedung putih dan menyandera sang Presiden. Saat situasi mulai tidak kondusif, secara tidak sengaja John terpisah dengan Emily. Ia akhirnya harus terjun langsung untuk menghadapi gerombolan penyerang gedung putih tersebut. Apa rencana sebenarnya dibalik penyerangan gedung putih? Siapakah dalang dibalik semua kejadian ini? Mampukan John menyelamatkan nyawa sang putri tercinta dan sekaligus sang presiden?

Sutradara Roland Emmerich yang telah berhasil menghibur penonton dengan berbagai film-film Blockbuster seperti Independence Day, The Day After Tomorrow, dan 2012 kembali menghadirkan sebuah film yang ringan, menghibur, dan sekaligus seru. White House Down adalah film pop corn murni yang dijamin akan membawa kita melupakan semua kepenatan sehari-hari. Sebuah film escapist, di mana kita bisa sejenak terhanyut ke dalam keasyikan visual.

white-house-down08

Akting dan penampilan dari Channing Tatum dalam film ini juga dijamin akan membuat penonton wanita terpesona. Selain fisiknya yang tampan, dan tubuhnya yang atletis, kemampuan akting Tatum sebagai bintang action juga semakin membaik. Jamie Foxx sebagai Presiden Amerika serikat juga menghadirkan perspektif yang baru. Pada umumnya, presiden Amerika serikat akan hadir sebagai tokoh yang bijak, tegas, dan kharismatik. Tetapi, Jamie mencoba untuk menampilkan sisi humoris dari tokoh yang Ia perankan.

Sisi humor dan hiburan memang menjadi nilai utama yang membuat White House Down berbeda dengan Olympus Has Fallen yang sudah tayang beberapa bulan lalu. Kesan heboh dan juga over the top yang menjadi ciri khas sutradara Rolland Emmerich, sangat terlihat dengan kental dalam film ini. Mulai dari gaya penghancuran atap gedung putih, hingga gaya aksi dari Channing Tatum.

white-house-down-image03

Dari berbagai aspek, White House Down sudah memenuhi syarat sebagai film Pop Corn yang layak untuk disaksikan. Mulai dari aktor, cerita, setting, hingga efek visual. Lupakan logika dan juga perbandingan dengan film tema sejenis yang sudah pernah disaksikan. White House Down tidak dibuat sebagai film untuk bahan pemikiran kita. Duduk manis, dan nikmati perjalanan seru yang dihadirkan dengan adegan-adegan ledakan dan action yang non stop. Ajak semua teman-teman flagers, karena White House Down adalah film yang semakin seru jika ditonton beramai-ramai!

Supported By: Sony Pictures / Columbia Pictures

white-house-down-poster05

Comments and 2,199 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply