“The Judge” Dibalik Kisah Hubungan Rumit Seorang Anak dengan Ayah | Movie Review

Posted by
October 11, 2014

The-Judge-Movie-Poster

Setiap manusia memiliki masalah masing-masing di dalam kehidupan mereka. Dibalik jubah kesuksesan karir yang terekspos ke hadapan publik, ternyata masalah tidak pernah lepas dari diri seseorang. Sejarah dibalik permasalahan ini adalah hal yang ingin diungkapkan melalui film “The Judge.”

Seorang pengacara sukses dan ambisius bernama Hank Palmer yang tengah berhadapan dengan masalah rumah tangga, ternyata diuji dengan peristiwa rumit yang mengharuskannya kembali ke kota kelahiran. Hank telah lama memilih untuk meninggalkan keluarga dan kota asalnya setelah konflik dengan sang Ayah, Joseph Palmer, yang merupakan sosok hakim terkemuka. Cara sang Ayah dalam mendidik anak-anaknya dengan keras dan disiplin, membuat Hank merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk menjauh. Kini Hank harus kembali dan berhadapan dengan sang Ayah setelah mengetahui bahwa ibu kandungnya meninggal dunia.

Usai pemakaman sang Ibu, terjadi peristiwa yang diluar dugaan. Ayah Hank dituduh melakukan kejahatan tabrak lari pada malam setelah pemakaman. Hubungan rumit Hank dengan sang Ayah kembali diuji. Demi membebaskan Ayahnya dari tuduhan kejahatan, Hank mengerahkan kemampuannya sebagai pengacara tangguh untuk menjadi pembela. Akankah kerumitan hubungan Hank dengan sang Ayah mengganggu tugasnya, dan mampukah Ia membebaskan orang yang dibenci dan sekaligus paling dicintainya dari jeratan hukum?

The Judge 2

Film yang berpijak pada realitas ini, akan terasa tidak asing bagi kita yang pernah mengalami permasalahan dengan orang tua. Hal ini membuat “The Judge” memiliki tingkat emosional tersendiri. Meskipun dikemas sebagai drama pengadilan dan keluarga yang serius, tetapi film ini tetap memiliki sisi humor. Berbagai lelucon kecil hadir sebagai sisipan adegan-adegan yang emosional.

Penampilan akting yang prima dihadirkan oleh duo Robert Downey Jr. dan Robert Duvall sebagai pasangan ayah dan anak yang memiliki hubungan rumit. Seperti biasa, Robert Downey Jr. tampil sebagai karakter flamboyan penuh pesona dan selera humor yang khas. Jika bukan Robert Downey Jr. yang memerankan sosok pengacara Hank Palmer, mungkin akan terasa canggung atau tidak natural. Tetapi, Downey berhasil menunjukkan kemampuannya. Robert Duvall juga tidak kalah memesona. Aktingnya sebagai sosok ayah dan hakim yang penuh dedikasi dan disegani muncul secara penuh di sepanjang film. Pendalaman perannya membuat karakter sang Ayah terlihat tegas, dingin, berwibawa namun sekaligus membuat kesal, karena keras kepala. Chemistry antara Downey dan Duvall adalah nilai utama yang menghidupkan “The Judge.”

??????????

“The Judge” adalah sebuah film emosional yang akan membuat kita berpikir. Selain mengharukan, film ini akan memberikan pesan moral kepada kita. Terkadang niat baik seseorang, tidak selalu hadir dalam bentuk yang menyenangkan. Namun, pada akhirnya kita akan merasakan sendiri manfaatnya. Nilai-nilai keluarga dan berpegang teguh pada kebenaran juga menjadi pesan penting yang dibawa oleh film yang tidak boleh dilewatkan ini. Jika rindu dengan penampilan Robert Downey Jr., “The Judge” juga dapat menjadi pil yang akan mengobati kerinduan tersebut dengan sangat efektif.

Comments and 1,939 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply