“Jack Ryan: Shadow Recruit,” Era Baru Karakter Spionase Legendaris – Movie Review

Posted by
January 16, 2014

jack-ryan-shadowrecruit-pstr03

Karakter Jack Ryan yang diciptakan oleh penulis legendaris, Tom Clancy kembali dihidupkan dan diberikan nafas baru oleh sutradara Kenneth Branagh. Tokoh yang pernah diperankan oleh Alec Baldwin, Harrison Ford dan Ben Affleck ini, hadir dengan wajah baru melalui aktor Chris Pine yang juga dikenal sebagai pemeran James T. Kirk di generasi terbaru “Star Trek.” Jack Ryan yang selama ini sudah kita kenal melalui film-film seperti “The Hunt For Red October,” ”Patriot Games,” “Clear and Present Danger” dan “The Sum of All Fears” hadir dengan image baru yang lebih santai namun tetap menghadirkan intelektualitas yang khas dari dirinya.

Peristiwa serangan teroris di menara kembar New York pada 9 September 2001 mengubah kehidupan seorang mahasiswa bernama Jack Ryan. Studi bidang Ekonomi yang Ia tempuh di London School of Economics, ditinggalkan oleh Jack demi mengabdi sebagai seorang militer bagi negaranya. Sebuah peristiwa buruk menimpa Jack bersama timnya saat bertugas di Afghanistan. Helikopter yang Ia tumpangi diserang oleh sebuah rudal. Peristiwa ini mengakibatkan Jack cacat secara temporer, sehingga Ia tidak bisa berjalan dengan normal. Namun, berkat tekad yang kuat, Ia kembali pulih.

Tekad dan intelejensia Jack Ryan menarik perhatian seorang agen CIA senior bernama Thomas Harper. Jack akhirnya bergabung dengan CIA untuk menjadi seorang analis. Kecurigaan terhadap rekening yang tidak lazim milik sebuh perusahaan Russia membawa Jack pada sebuah tugas lapangan. Tidak hanya menghadapi bahaya untuk menguak sebuah rencana misterius terhadap Amerika Serikat, Jack juga harus melindungi kekasihnya yang curiga dengan tingkah lakunya. Akankah Jack Ryan mampu mengungkap rencana misterius dari kelompok yang Ia curigai dan sekaligus menyelamatkan negaranya?

jack-ryan05

Proses pengembangan film “Jack Ryan: Shadow Recruit” sebenarnya sudah direncanakan sejak kesuksesan “The Sum of All Fears” pada tahun 2002. Tetapi, baru pada tahun 2008 pengembangan terhadap “Jack Ryan: Shadow Recruit” mulai mendapatkan titik terang. Pada awalnya, sutradara Sam Raimi sempat terkait dengan produksi film ini, tetapi Ia akhirnya memutuskan untuk mengembangkan seri franchise film “Spider-Man.” Keterlibatan Chris Pine sebagai Jack Ryan juga sudah mulai dinegosiasikan sejak tahun 2009. Namun, peran Pine dalam reboot film “Star Trek” membuat produksi “Jack Ryan: Shadow Recruit” harus ditunda. Akhirnya pada tahun 2012, nama sutradara film “Thor,” Kenneth Branagh, diumumkan sebagai orang yang menangani film ini. Bersamaan dengan pengumuman ini, proses produksi “Jack Ryan: Shadow Recruit” dimulai pada pertengahan tahun 2012.

Kemampuan Kenneth Branagh sebagai sutradara film blockbuster yang ditujukan untuk menjadi popcorn flick tampaknya semakin terasah. Setelah sukses besar dengan film superhero, “Thor,” Branagh seperti sudah menemukan pola-pola yang tepat dalam membuat sebuah film yang memanjakan mata, telinga dan sekaligus memainkan rasa penasaran penonton. Berbagai ciri khas film spionase seperti bumbu teka teki yang ringan, tokoh antagonis yang menakutkan, karakter utama yang mudah disukai, sekuens pengintaian yang menegangkan, dan adegan kejar-kejaran juga ledakan yang spektakuler dihadirkan dengan sangat mulus. Salah satu kelebihan dari Branagh adalah, Ia tetap mampu menghadirkan film “Jack Ryan: Shadow Recruit” dengan sangat ringan, namun tetap serius dan menegangkan, tanpa membuat penonton terlalu berpikir dengan berat.

jack-ryan04

Selain bertugas sebagai sutradara, Kenneth Branagh juga tampil sebagai karakter antagonis Viktor Cherevin. Akting Branagh sebagai Cherevin cukup meningkatkan intensitas ketegangan dalam film. Satu orang yang mendapatkan sorotan lebih dalam “Jack Ryan: Shadow Recruit” adalah Chris Pine. Ia memangku sebuah tugas berat dalam memerankan karakter legendaris yang telah diperankan oleh 4 aktor senior sebelumnya. Chris Pine membawa pesona baru dalam diri seorang Jack Ryan. Selain tetap mempertahankan intelektualitas yang khas dari Jack Ryan, Chris menghadirkan gaya santainya dan sekaligus membuat sang agen terlihat lebih seperti pria normal sehari-hari. Tetapi, kemampuan Jack Ryan dalam beraksi memang bukan aksi yang bisa dilakukan oleh pria biasa.

Sebagai love interest bagi Jack Ryan adalah Keira Knightley yang berperan sebagai Cathy. Chemistry antara Jack dengan Cathy yang dihadirkan oleh Chris Pine dengan Keira Knightley terlihat alami dan sekaligus menghidupkan sisi manusiawi bagi kedua karakternya. Aktor senior Kevin Costner menjadi pemeran agen CIA Thomas Harper. Kevin menunjukan gaya khasnya yang hangat, bersahabat, namun tetap tegas sebagai mentor dan sekaligus pelindung Jack Ryan. Selain dikontrak untuk tampil dalam “Jack Ryan: Shadow Recruit,” Kevin dikabarkan telah berkomitmen untuk tampil sebagai karakter yang sama dalam film adaptasi dari karya Tom Clancy lainnya, “Without Remorse.”

jack-ryan08

“Jack Ryan: Shadow Recruit” bukanlah film yang diadaptasi secara penuh dari karya Tom Clancy. Karakter Jack Ryan dalam film ini telah dibawa ke sebuah bentuk modernisasi yang lebih populer dan dapat diterima oleh penonton yang lebih luas. Jangan terkejut jika Jack Ryan terkesan menjadi seorang hero a la Hollywood yang intelek dan sekaligus perkasa. Namun, esensi dari seorang Jack Ryan masih terlihat jelas dalam film ini. Bagi generasi masa kini, karakter Jack Ryan yang dihadirkan oleh Chris Pine tentu akan lebih dapat diterima dengan gayanya yang casual. “Jack Ryan: Shadow Recruit” adalah popcorn flick yang ringan, seru, menegangkan, dan sekaligus menghibur. Film ini menjadi era baru bagi sang karakter spionase legendaris. Jika reboot “Jack Ryan” ini meraih kesuksesan, bersiaplah untuk menanti kelanjutan dari franchise agen spionase Amerika ini.

Comments and 2,143 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply