47 Ronin : Cerita Legendaris Jepang Versi Hollywood

Posted by
December 23, 2013

poster-47-ronin-01 

Film ini diadaptasi berdasarkan cerita rakyat masyarakat Jepang tentang 47 Ronin (samurai tanpa tuan) sebagai salah satu kisah teladan untuk menggambarkan tentang kesetiaan. Sudah banyak film yang diadaptasi oleh kisah ini dan 47 Ronin versi Keanu Reeves adalah salah satu dari sekian banyak film yang mengadaptasinya cerita ini ke layar lebar.Tentunya dengan adanya nama Keanu Reeves sebagai pemanis, film ini cukup mendapatkan perhatian publik, baik dari kaum Adam yang penasaran dengan ceritanya, maupun dari kaum Hawa yang tidak sabar untuk melihat wajah tampan pemeran utamanya.

Well, jika bercerita tentang keseluruhan kisah 47 Ronin mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup panjang, tapi semua bermula dari seorang anak misterius bernama Kai yang diselamatkan oleh Lord Asano ( Min Tanaka ), pemimpin dari distrik Ako. Asal usul Kai memang tidak jelas, tapi di tengah film, Flagers akan sedikit diceritakan mengenai latar belakang Kai dan alasan mengapa Kai memiliki kemampuan ‘aneh’.

2405_D053_00128R

Suatu ketika, provinsi Ako akan dikunjungi oleh  Shogun Tokugawa Tsunayoshi ( Cary-Hiroyuki Tagawa ), pemimpin tertinggi Jepang yang keputusannya adalah mutlak. Sebuah kehormatan bagi setiap provinsi untuk mempertunjukkan kebolehan daerahnya masing-masing. Asano pun mengundang Lord Kira (Tadanobu Asano), pemimpin dari provinsi untuk mengadakan turnamen. Namun, dibalik itu Kira memiliki maksud lain untuk merebut Ako dari tangan Asano dan menjadikan Mika, putri Asano sebagai istrinya. Ia pun mengutus penyihir jahat yang diperankan oleh Rinko Kukichi (Babel, Pasific Rim) untuk mempengaruhi Asano, hingga menyebabkan Asano mempermalukan dirinya sendiri didepan Shogun Tokugawa.

Kisah 47 Ronin sebenarnya berpusat pada balas dendam ke-47 samurai bawahan Asano untuk membalaskan kematian tuannya yang harus mati setelah Seppuku sebagai balasan telah mempermalukan dirinya didepan Shogun. Ke-47 ronin yang dipimpin oleh Oishi ( Hiroyuki Sanada ), itu tanpa satu keraguan pun ingin mengembalikan kehormatan tuannya dan menegakkan keadilan walaupun apapun hasilnya pada akhirnya kematian yang akan menunggu mereka.

2405_D057_00214

Jika anda sudah mengetahui cerita klasik 47 Ronin, film ini mudah saja ditebak, tapi ternyata film 47 Ronin memberikan sesuatu yang berbeda. Film 47 Ronin tidak lupa memasukkan unsur romansa kedalamnya, yang melibatkan Kai dan Mika, putri Asano yang diperankan oleh penyanyi cantik asal Jepang, Ko Shibasaki. Selain itu ada beberapa unsur fantasi, seperti monster besar, naga dan iblis dalam kebudayaan Jepang, sehingga membuat film ini tidak kaku seperti film adaptasi lainnya. Pastinya, juga menampilkan keindahan panorama dari negara Jepang tempo dulu, yang bisa Flagers saksikan dengan tampilan visual 3D.

2405_D022_00007R

Saya tidak menyukai karakter Kai disini, mungkin karena tidak cocok jika harus diperankan oleh aktor seperti Keanu Reeves. Tapi saya terkejut karena ia (red : Keanu Reeves) dengan fasihnya melakukan aksi beladiri ala jepang memakai pedang Samurai. Adegan terkeren adalah ketika Kai melawan penyihir jahat yang merubah wujudnya menjadi naga putih. 47 Ronin versi Keanu Reeves secara keseluruhan memang tidak mengecewakan. Tapi masih banyak sisi yang bisa diperbaiki untuk membuat film ini tidak hanya sekedar bagus, tetapi jadi luar biasa.

Comments and 22,608 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply