REVIEW : Rihanna – Unapologetic

Posted by
February 5, 2013

Rihanna-Unapologetic-600-400

Released by Universal Music Indonesia

“Aku menamakan albumku Unapologetic karena cuma ada 1 kebenaran dan kau tidak bisa meminta maaf untuk itu. Ini jujur, aku selalu berkembang tentu saja, dan aku pikir moto yang aku miliki adalah untuk jujur pada diri sendiri”, begitulah jawaban Rihanna ketika ditanya perihal nama album terbarunya Unapologetic.

Bagi saya, Unapologetic terbagi atas dua bagian yang tak kasat mata. Bagian pertamanya berawal dari “Fresh Oh The Runaway”, yang terdengar terlalu complicated untuk dijadikan track pembuka, kemudian “Diamonds”, semi- ballad yang tentu saja paling bersinar di album ini, berlanjut hingga kedalam kolaborasi dengan Eminem di “Numb” dan Future dalam track “Loveeeeeee Song”.

Setengah awal album yang sangat Hip-hop, penuh hingar bingar rap, bass, dan beat mid tempo serta synth ala EDM yang memenuhi ruangan.

Hampir semua lagu tersebut (kecuali “Diamonds”, bahkan hingga saat ini saya masih beranggapan bahwa track ini salah urutan playlist) mungkin akan membuat flagers dan telinga lokal kita tidak terlalu terbiasa awalnya. Tetapi bertahanlah, karena memasuki track ketujuh dan selanjutnya, Rihanna jauh dari kata mengecewakan.

Bagian kedua dimulai saat ke track ketujuh “Right Now”, dibuka dengan vokal Rihanna yang melodius, disusul sound mashup dari DJ serbabisa, David Guetta. Lagu yang bagus untuk mengisi playlist party malam ini flagers !

Ada juga “Stay” yang paling soft dan soulful di Unapologetic. Dengan aransemen piano yang minimalis disaat suara rihanna saling bersautan dengan Mikky Ekko, selayaknya pasangan yang sedang berdialog panjang. What a great song !

Terlepas dari kabar mereka yang baru saja kembali bersama, kolaborasi antara Rihanna dan Chris Brown dalam “Nobody Business” tidak boleh flagers lewatkan. Lagu ter-catchy di album ini. Beruntungnya Unapologetic juga ditutup dengan pas oleh “Lose in Paradise”, yang jauh lebih baik dari track pembuka album ini.

10 tahun berkarya, 7 buah album telah dilahirkan. Sungguh bukan waktu yang singkat. Ya, benar kata Rihanna, ia telah jujur dalam Unapologetic.

Tracklist :

1. Fresh off The Runway
2. Diamonds
3. Numb (feat. Eminem)
4. Pour it Up
5. Loveeeeeee Song (feat. Future)
6. Jump
7. Right Now (feat. David Guetta)
8. What Now
9. Stay (feat. Mikky Ekko)
10. Nobody Business (feat. Chris Brown)
11. Love Without Tragedy/Mother Mary
12. Get It Over With
13. No Love Allowed
14. Lost in Paradise

Comments and 1,416 views

Rendy Tsu

Music Director, Album Reviewer, and Blogger.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>