Sang Legenda Musik Alternative, Weezer!

Posted by
January 4, 2013

Tanggal 8 Januari 2013 akan menjadi waktu yang bersejarah bagi Fans Weezer di Indonesia. Setelah penantian selama 18 tahun, akhirnya Weezer akan menggelar konser akbar pertama mereka di negara kita. Konser yang sudah pasti tidak akan terlupakan tersebut, dipastikan menjadi salah satu penampilan dari musisi dunia yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia. Sudah Siap menyaksikan sepak terjang Rivers Cuomo dan kawan-kawan? Untuk pemanasan, kita intip retrospective highlights dari karir Weezer.

1992: Tahun berdirinya Weezer dengan personil awal Rivers Cuomo, Patrick Wilson, Matt Sharp, dan Jason Cropper

1993: Weezer dikontrak oleh Geffen dan langsung merekam album perdana di bawah arah produser Ric Ocasek. Jason Cropper mundur dari band dan digantikan oleh Brian Bell

1994: Weezer merilis album perdana mereka, The Blue Album dengan single pertama Undone (The Sweater Song).

1995: Weezer berhasil meraih 4 MTV Video Music Awards melalui video klip lagu Buddy Holly yang disutradarai Spike Jonze. Pada tahun ini, video musik untuk Say It Ain’t So juga dirilis.

1996: Weezer merilis album kedua, Pinkerton. Album ini menelurkan 3 hit singles, El Schorcho, The Good Life, dan Pink Triangle.

1998: Matt Sharp meninggalkan Weezer, posisinya digantikan oleh Mikey Welsh.

2001: Setelah vakum selama 5 tahun, akhirnya Weezer kembali merilis album yang diberi titel Weezer (The Green Album). Album ini menghasilkan 2 hit singles yang sangat populer, Island In The Sun dan Hash Pipe.

2002: Weezer merilis album keempat mereka, Maladroit. Dope Nose terpilih menjadi single pertama, dilanjutkan dengan Keep Fishin’ yang video klipnya menampilkan The Muppets.

2004: Kumpulan Video-video klip Weezer beserta beberapa penampilan mereka dirilis dalam bentuk DVD yang diberi judul Video Capture Device.

2005: Weezer bekerjasama dengan produser Rick Rubin untuk album Make Believe. Album ini berhasil meraih penghargaan platinum dan menghasilkan lagi Hit Beverly Hills. 2 Singles lain juga dirilis dari Make Believe, Perfect Situation dan We Are All On Drugs.

2008: Album experimental Weezer yang diberi judul The Red Album akhirnya dirilis. Video klip Single pertamanya Pork and Beans berhasil meraih penghargaan Grammy untuk Best Short Form Music Video. Albnum ini juga menelurkan lagu hit lainnya, Troublemaker.

2009: Raditude menjadi album terakhir Weezer bersama lable rekaman Geffen. Album ini kembali menembus 10 besar di Billboard dan menghasilkan Hit (If You’re Wondering If I Want You To) I Want You To. Melalui album ini, Weezer juga bekerjasama dengan produser musik pop, Dr. Luke untuk lagu IOO’m Your Daddy.

2010: Weezer bergabung dengan lable indie, Epitath Records. Album indie pertama mereka, hurley juga dirilis pada tahun ini dengan lagu Hit, Memories dan Represent yang merupakan lagu Unofficial Anthem tim bola Amerika Serikat pada World Cup 2010. Pada tahun yang sama, Weezer juga mengeluarkan album yang berisi kumpulan yang sebelumnya tidak terpakai, Death To False Metal.

2011: Mantan Bassist Weezer, Mikey Welsh ditemukan telah tewas di sebuah kamar hotel di Chicago.

2012: Weezer mengumumkan tour Australia dan sekaligus memberikan kabar gembira bagi fans di Indonesia dengan pengumuman konser mereka di Jakarta pada tahun 2013.

Comments and 1,801 views

Gia Adhika

I work in the entertainment, publishing & social media industry. Observes & writes about it. Author of ONE DIRECTION The Unofficial Book & Buku Pop Superstars.

Related Posts

COMMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>